5 Manfaat Menangis

manfaat menangis, menanggis itu sehat, ekspresi jiwa, menangis cengeng,



Jika ditanya apa kelebihanku, hal yang terlintas di kepala selain berat badan adalah air mata. Sungguh kedua hal itu adalah harta berlimpah yang aku miliki, rasanya tidak akan pernah habis bahkan untuk sekedar berkurang sedikit saja mereka enggan.

Karena kaya akan sumber air mata ini terkadang menjadi hal yang menyusahkanku, aku selalu kesulitan menyampaikan sesuatu secara mendalam, semua yang berhubungan dengan perasaan atau topik apapun yang membuat hati merasa lelah.

Salah satu kasus aneh adalah saat temanku ada yang sedang curhat, sebagai pihak yang dipercaya untuk mendengarkan keluh kesahnya harusnya aku menjadi orang yang kuat dan bisa menguatkan, namun hal ini malah sebaliknya. Sebelum temanku yang curhat tadi menangis, aku sudah lebih dulu menangis untuknya. Terkadang dia malah yang berusaha menenangkanku, meminta maaf karena sudah membuatku sedih. Lawak.

Aku sering merasa malu dengan kelebihanku ini, karena terkesan cengeng dan tidak bisa mengontrol emosi dengan baik. Aku bahkan sering mempermalukan diriku sendiri jika sudah tidak bisa menahan air bah yang akan membuat sungai secara brutal diatas pipiku.

Berusaha mengatasinya? Tentu saja itu sudah kulakukan, aku mencoba berkonsultasi dengan seorang teman yang mumpuni dibidangnya, aku diberikan beberapa solusi yang harus aku lakukan dengan harapan bisa menyembuhkan kelebihan yang bagiku sudah tidak wajar lagi. Dan aku melakukannya, tapi… air mataku tetap mengalir deras.

Sampai pada akhirnya aku memutuskan untuk berdamai saja dengan kelebihanku ini, mencoba menerima dan mensyukurinya sebagai nikmat yang Allah berikan kepadaku, tidak banyak orang yang mengalami hal yang sama denganku, jadi apa yang aku miliki ini adalah kelebihan yang special. Tidak boleh protes hehe.

Dan setelah berdamai, aku lebih bisa menghargai juga menemukan manfaat apa saja yang sudah aku dapat dengan aku yang mudah menangis ini. Dan kali ini aku akan memberitahukan kepada teman-teman, kira-kira manfaat seperti apa yang aku dapatkan karena mudah menangis,

1. Menangis melegakan hati

Setelah aku menangis biasanya menjadi lega atau lebih rileks, masalah yang daritadi terasa seperti mencekik berangsur menghilang, seakan beban berton-ton itu hanyut bersama dengan air mata. Karena sesungguhnya hati manusia juga membutuhkan pelampiasan. Jika diibaratkan mungkin seperti rumah yang terlalu banyak asapnya, rumah itu tentu butuh ventilasi untuk mengeluarkan semua asap-asap itu dan membuat rumah itu nyaman kembali. Sama dengan hati kita, jika hati sudah dipenuhi dengan racun atau segala beban hidup maka keluarkan saja, bisa dengan curhat, menulis, atau sekedar menangis seperti yang aku lakukan hehe.

2. Menanggis melembutkan hati

Sudah bukan lagi rahasia, tapi menangis memang terbukti bisa melembutkan hati yang keras, mereka pememiliki hati yang lembut akan mudah peka dengan dosa dan kesalahannya. seperti di jaman para Sahabat, yang langsung bercucuran air matanya jika diingatkan perkara akhirat. Tapi kalau aku sih bukan hatinya yang lembut ya, karena memang cengeng saja haha beda tipislah *nawar*

3. Tidak mendendam kepada yang menyakiti

Karena saking mudahnya menangis, jadi mudah juga untuk menampakkan ekspresi perasaannya, terkadang jika ada seseorang yang mungkin tidak sengaja menyakiti entah dengan perkataan atau perbuatan aku langsung mencari kamar mandi untuk menangis, memang lebay sih ya tapi alhamdulillah setelah keluar dari kamar mandi atau tempat persembunyian langsung lupa dan ceria kembali, sesimple itu.

4. Membantu tidur lebih cepat

Jika kalian merasa insomnia maka cobalah menangis dengan menonton film yang sedih mungkin, atau pencet hidung kalian hehe. Karena biasanya jika aku sudah selesai menangis mataku terasa sangat perih dan ingin segera dipejamkan, mungkin karena sudah membuat air terjun dadakan atau karena memang menangis menguras energi, maka dari itu menangis dapat membantu tidur lebih awal.

5. Meredakan stres

Karena sudah mendapatkan pelampiasan atau ventilasi yang tepat, akhirnya berkuranglah satu beban hidup, hati serta pikiran kita akan jauh lebih baik dan pada akhirnya kesempatan untuk strespun juga menghilang.

Itu dia 5 manfaat menangis yang sudah aku rasakan selama ini, semoga tidak ada lagi yang merasa malu dengan dirinya yang mudah menangis. ^^
Baca Juga