6 Ciri Hati Yang Sehat

ciri hati yang sehat, penyakit hati dan bagaimana cara mengatasinya

tanda hati yang tidak sakit
Dalam menjalankan ibadah seharusnya kita mampu menghadirkan hati yang sehat, hati yang sehat inilah yang selalu bisa membawa kita merasakan manisnya beribadah, dengan rasa nikmat maka kita tidak akan lagi merasakan kelelahan atau malas.

Tapi bagaimana caranya untuk tahu seberapa sehatnya hati kita? Cobalah membayangkan hal yang membuat kita bahagia atau senang, mungkin melakukan aktivitas yang kita sebut hobi itu? Lalu diresapi kembali apakah hobi itu mendatangkan manfaat dan bisa mendekatkan kita kepada Rabb kita? Jika jawabannya iya, maka sungguh bersyukurlah karena hati teman-teman sudah diselamatkan dari kesia-siaan.

Jika masih belum bisa menemukan jawaban apakah hati kita ini sehat atau tidak, saya akan memberikan 6 gambaran yang bisa memberikan pencerahan bagi yang masih penasaran apakah hatinya sehat atau tidak.

1. Selalu berkhidmah kepada Allah

Khidmah yang berarti adalah pelayan atau bisa kita sebut dengan melakukan penghambaan kepada Allah menjalankan perintahnya menjauhi larangan dan melakukan amalan-amalan yang Allah sukai, melakukan semua itu dengan perasaan yang damai tanpa adanya beban, melakukan segala aktivitas kita dengan meniatkannya untuk ibadah serta memaksimalkan usaha kita. Bekerjapun adalah ibadah, maka bekerjalah dengan sungguh-sungguh tentunya di jalan yang Allah ridhoi.

2. Hati yang sehat hanya memiliki satu keinginan yaitu taat kepada Allah.

Segala aktivitasnya tentu ia selalu melibatkan Allah, dan jika ada kesempatannya untuk melakukan maksiat, maka Allahlah yang akan selalu muncul dalam benaknya dan mengurungkan niat untuk melakukan kemaksiatan itu. Orang yang taat adalah mereka yang berjalan diatas duri, mereka akan selalu berhati-hati dalam menentukan langkahnya agar kakinya tidak terluka.

3. Sangat bakhil terhadap waktu

Dia sangat pelit terhadap waktunya, menepati segala janjinya agar tidak mendatangkan kedzaliman kepada orang lain. Merasa sangat menyesal dan gelisah ketika sedang melakukan hal yang tidak mendatangkan manfaat dan berujung dalam jurang kesia-siaan. Kebakhilannya bahkan melebihi kekikiran manusia terhadap hartanya.

4. Jika memasuki waktu shalat hatinya akan damai

Waktunya shalat adalah saat dia benar-benar merasa nyaman dan tentram, saat inilah seseorang yang hatinya sehat akan sangat bahagia karena telah bertemu dengan Rabbnya.

5. Mulutnya akan selalu basah dengan dzikrullah

Tidak ada ucapan yang paling dia senangi selain dengan mengucapkan nama Allah dan tidak ada kitab paling dia gandrungi selain Al-Qur’an hatinya terpatri kuat pada Allah, sehingga dia akan menyukai segala hal yang mendatangkan kecintaan Allah.

6. Selalu memperbaiki amalannya

Memperhatikan amalan yang sudah ia lakukan dengan kembali mengkajinya dan memperbaikinya. Tidak ingin membawa amalan yang cacat saat menghadap Allah nanti, dia akan senantiasa memperbarui niatnya semata-mata karena Allah.
Inilah 6 ciri hati yang sehat, apakah sudah bisa mengukur seberasa sehatnya hati kita saat ini?

Baca Juga