7 Strategi Lulus ODOP Ala Aky

menjadi anggota ODOP itu gampang-gampang susah, dan ini adalah strategi yang aku lakukan untuk lolos menjadi member ODOP 8


Hari ini adalah hari Jumat, hari dimana aku biasa melakukan evaluasi pekanan. Sudah 5 hari aku mengikuti program ODOP atau One Day One Post, berarti sudah ada 5 tulisan yang aku buat di blog ini.
 
Selama 5 hari ini aku merasa sedikit kesusahan mengatur waktu untuk menambahkan agenda menulisku. Kebiasaan baru ini cukup sulit untukku, aku memiliki jam tidur yang sering mendapat cibiran banyak orang haha. Ya aku ini tidur pukul 20.00 WIB dan terbangun tengah malam dimana orang-orang sudah mulai untuk beristirahat. Nah, gimana nggak dapat cibiran kalau disaat mereka butuh aku, aku malah tidak bisa dihubungi dan disaat mereka sudah melupakan urusannya denganku aku terbangun.
 
Berulang kali aku membantah ketika dinasehati, merasa bahwa apa yang aku lakukan sebenarnya sunnah, tidur setelah isya dan bangun kembali di sepertiga malam untuk melakukan qiyyamul lail. Selain itu, yang sebenarnya terjadi adalah aku yang kelelahan setelah bekerja bagaimana menahan kantuk jika tubuh inipun tidak berdaya, dan kebiasaanku langsung menerjang kasur. Itulah yang membuat aku memiliki habbit tidur setelah isya.
 
Setelah dipikir-pikir aku ternyata banyak mendzolimi orang-orang jika aku tetap tidur seawal itu, akhirnya aku menerima masukan teman-teman untuk menjaga kebugaran tubuh agar tidak mudah lelah, berulang kali kuubah jadwalku dan terkadang jika memang tidak ada aktivitas, aku akan tidur dan menjadi kebiasaan lagi haha.
 
Dengan aku mengikuti ODOP ini adalah salah satu solusi memperbaiki jam tidurku, karena memang aku dipaksa untuk menulis setiap harinya maka akan selalu ada alasan untuk tidak tidur di awal waktu, itu sukanya jika aku tidak memiliki agenda, dukanya adalah waktu luangku lebih sedikit dibanding agenda forum di jam-jam itu, dan forum itu terkadang selesai hampir tengah malam. Otomatis jika di hari itu aku belum menulis, aku tidak mempunyai waktu untuk mengumpulkan tugas ODOP tepat pada waktunya.
 
Nah disitulah aku mulai menyusun strategi agar aku bisa menulis dengan tenang, mengumpulkan tugas setiap hari dan bisa menjalankan agenda di forum lain dengan bahagia. Seperti berikut ini
 
1. Membuat jadwal harian selama sepekan
Dengan membuat jadwal harian dimana aku bangun lalu tertidur kembali
memudahkanku agar agendaku tidak berantakan dan bisa aku lalui semua 
dengan suka cita hehe. Jangan lupa di tulis di buku catatan yang menggunakan spidol warna warni agar lebih bersemangat yeyeee

2. Memanfaatkan waktu luang untuk menabung tulisan
Biasanya waktu luang aku habiskan dengan tidak sadar, misal karena luang akhirnya buka Instagram dan tenggelam karena keasyikkan scrolling, nah ini kebiasaan toxic yang harus aku buang. Apalagi kalau udah scrolling MarketPlace wah ini udah membuang banyak waktu, uang juga kekuras kwokwok, dari sinilah aku memutuskan untuk menulis saja jika waktu senggang. Itung-itung nabung tulisan kan.
 
3. Membawa buku Bank Ide
Membawa buku catatan adalah hal yang sudah lama aku lakukan, tapi itu hanya dibawa tidak benar-benar digunakan haha, jadi aku putuskan untuk membawa buku kecil atau aku menamainya buku bank ide, yang dimana saat aku kepikiran sesuatu bisa aku tuliskan disana dan dieksekusi saat sudah dirumah. Ini memudahkan hidupku sekali kalau misal sudah buntu mau menulis apa.
 
4. Membaca banyak buku
Membaca banyak buku dapat menambah referensi kosa kata dan meningkatkan kualitas tulisan, serta menambah wawasan untuk menjadi bahan konten menulis kembali hehe
 
5. Sering berdiskusi dengan orang lain
Membiasakan diri untuk selalu berdiskusi dengan teman kita atau siapapun itu juga bisa menjadi bahan konten, misal ada teman kita curhat tentang masalahnya yang sudah ia lalui nah bisa kita tuliskan kembali untuk sharing ilmu dan pengalamannya beliau, harapannya orang lain yang mungkin mempunyai beban yang sama akan terbantu.
 
6. Tadabbur Alam
Meski pandemi, sesekali main tidak masalah bukan? Namun tetap mematuhi protokol kesehatan. Dengan banyak main atau tadabbur alam dapat membuka wawasan kita yang sempit sekaligus banyak-banyak bersyukur kepada Rabb kita. Dan bahan konten juga hehe
 
7. Istiqomah dan jangan lupa berdo’a
Percuma kalau semua yang sudah diusahakan itu hanya berjalan beberapa waktu saja, butuh istiqomah agar bisa menanamkan budaya menulis harian dalam keseharian kita. Dengan mengikuti ODOP ini dan rutin menulis, banyak yang bilang dalam kurun waktu 2 bulan karakter menulis kita akan terbentuk. Waah senangnya
 
Itulah hal yang semoga bisa aku jalankan terus, disini aku tulis agar bisa menjadi cambuk ketika nanti keimananku futur atau semangat menulisku hilang. Aku akan melihat tulisan-tulisanku yang membuatku bersemangat kembali.
 
Harapanku terbesar untuk ODOP semoga bisa semakin berkembang, dan dikenal banyak orang. Karena selama 2 pekan ini bergabung saja rasanya banyak sekali manfaat yang bisa diambil, banyak kelas menulis yang jika di forum lain bisa berbayar, sangat disayangkan jika memiliki hobi menulis dan belum pernah bertemu dengan ODOP.
 
"Karena sesungguhnya serigala hanya akan menerkam domba yang sendirian” H.R. Abu Daud

#OneDayOnePost
#ODOP
#ODOPChallenge1
 

Baca Juga