Menghapus Air Mata Dengan Mata Air

    Pagi ini aku baru saja mendapatkan pesan di salah satu grup WhatsApp yang mengirimkan video berdurasi sekitar 50 detik, dalam video itu memperlihatkan ada sebuah truk membawa tangki air yang dikerumuni banyak warga dengan embernya. Benar, beberapa wilayah Indonesia sedang mengalami kekeringan, contohnya daerah Gunung Kidul di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

 Di Gunung Kidul memang sering terjadi kekeringan jika musim penghujan tidak kunjung datang, padahal air di rumahku masih sangat melimpah. Aku jadi tertampar ketika tadi aku mandi banyak sekali membuang airnya, sedangkan mereka jangankan mandi untuk minum saja masih kurang. Miris rasanya.

    Saat aku mencoba mencari info kapankah datangnya si musim penghujan itu? Dan BMKG memperkirakan bahwa musim penghujan akan dimulai secara bertahap akhir Oktober. Untuk puncaknya akan datang di Bulan Januari atau Februari. Sekarang masih bulan September, artinya saudara kita yang saat ini sedang mengalami kekeringan akan tetap kesusahan mencari air bersih untuk 4 bulan kedepan.

    Seharian tidak mandi saja rasanya sudah gerah sekali, bagaimana jika berhari-hari? Karena air lebih diprioritaskan untuk di masak. Dari sini aku benar-benar bersyukur atas segala kenikmatan yang Allah berikan. Saat pompa air di rumah mati beberapa jam saja sudah kelimpungan, cucian piring menumpuk, mau minum harus hemat-hemat itu baru hitungan jam, bukan bulan. Aku harus berhemat.

    Selain harus berhemat air, aku kembali tersadar untuk tidak lagi mengutuk hujan. Meski sekedar “waduuh kok hujan” saat sedang berada di jalan, atau “duh jangan hujan dulu deh masih tanggung nih” siapa ente? Kok ngatur Allah. Aku akan berusa untuk membiasakan lisan mengucapkan syukur bukan lagi mengeluh atau mengutuk. Karena sesungguhnya saat hujan itu turun banyak sekali saudara kita yang sedang menangis bahagia.

    Aku pernah mendengar nasehat dari Ustadz Oemar Mita, beliau berpesan jika ingin bersedekah maka bersedekahlah air. Kenapa air? nah ini tidak perlu dijelaskan lagi bukan, melihat sangat banyak manfaat yang air itu berikan untuk kehidupan manusia.

    Memberikan minum kepada anjing saja bisa membuat seorang wanita pezina masuk surga, apalagi manusia yang lebih mulia dari anjing. Disini, saya mau mengajak teman-teman setidaknya menyisihkan sedikit uang jajannya daripada untuk membeli boba mending kita donasikan. Dan ini wakaf sumur, maa syaa Allah selama sumur ini masih mengalirkan manfaat maka sedekah kita akan terus mengalir.
Link Donasi

๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡

bit.ly/DermawanBerbagi





Baca Juga