Zona Auto Kritik

5 Syarat Bertaubat

Posting Komentar
Sebelumnya aku pernah menuliskan 7 Alasan Kenapa Manusia Harus Bertaubat, nah untuk postingan kali ini aku akan melanjutkan dengan tema yang sama yaitu Taubat. Dengan menyajikan syarat-syaratnya, harapannya setelah kita paham keharusan untuk bertaubat setiap harinya akan menjadikan taubat kita ini diterima oleh Allah dengan memenuhi 5 syaratnya. Apa saja sih 5 syarat taubat itu?
 
Kenapa Taubat Harus Disegerakan?
Sebelum kita membicarakan syaratnya, disini kita sepakati bersama bahwa taubat harus disegerakan. Setuju? Jika tidak setuju bisa dituliskan alasannya pada kolom komentar.
 
1. Mengakibatkan Dosa Kecil Menjadi Besar di Sisi Allah
Melakukan kemaksiatan kecil yang mungkin tidak kita sadari jika tidak segera bertaubat maka dosa-dosa kecil ini akan bernilai besar di mata Allah. Tidak mau kan kalau kita masuk neraka hanya karena dosa kecil kita yang tidak kita sadari pula apa itu, membiasakan bertaubat setiap harinya akan menggugurkannya lantas masih mau menunda taubat? Mau membuat gunung setinggi apa memang? #SelfReminder
 
2. Tidak Tahu Kapan Akan Dijemput Malaikat Izrail
Seringkali ketika pulang kerja dan diperjalanan mendapati kecelakaan yang langsung menewaskan pengemudinya. Orang yang meninggal itu juga tidak pernah tahu jika akhir hidupnya akan berakhir saat dia akan berangkat kerja atau sekedar pergi berlibur. Penting menyertakan Allah dalam setiap mengawali aktivitas kita dan selalu meniatkan ibadah didalamnya, meski berlibur maka niatkan untuk bertadabbur alam, menikmati keindahan alam ciptaan Allah dan banyak-banyak bermuhasabah merasa sangat kerdil dengan ilmu-ilmu Allah.
 
3. Dapat Mematikan Hati
Dengan selalu menunda taubat seseorang mungkin akan meremehkan taubat dan mengandalkan rahmat dan pengampunan Allah. Dosa-dosa kecil itu akan membuat setitik noda dalam hati kita jika terus berulang kali dilakukan bisa jadi seseorang itu mati hatinya dan tidak lagi peka menerima petunjuk-petunjuk Allah, begitu terus sampai ajal menjemputnya.
 
4. Lama-Lama Menjadi Bukit
Nyatanya peribahasa yang sudah sangat familiar ini memang benar adanya, sama halnya dengan menabung, seseorang yang gemar melakukan kemaksiatan sedikit demi sedikit lama-lama akan menggunung. Belum kita bertaubat dari dosa A kita sudah membuat dosa sampai B, C, D dan E. memang tidak sadar, justru karena ketidakmampuan kita menganalisis dosa yang sudah kita lakukan hari ini tidak ada lagi alasan untuk menundanya.
 
4 hal ini aku harap bisa membuat hati kita segera tersadar untuk tidak lagi menunda dan meremehkan sesuatu lagi, mari mulai menyegerakan apalagi untuk melakukan kebaikan.
 
5 Syarat Bertaubat
1. Penyesalan dari dosa karena Allah
2. Berhenti Melakukannya
3. Bertekad tidak lagi melakukannya di masa mendatang
4. Dilakukan selama nyawa belum sampai tenggorokan
5. Melunasi hak manusia, meminta kerelaannya
6. Memperbanyak amalan kebaikan
Aky
Memiliki keterbatasan berkomunikasi secara langsung jika membicarakan sesuatu secara mendalam, dan memiliki imajinasi liar serta kehaluan diluar batas wajar. Menulis adalah caraku untuk tetap normal.

Related Posts

Posting Komentar