Optimasi Media Sosial, Agar Tidak Angker Ala Coach Ilham

tips optimasi sosial media, cara untuk optimasi IG, twitter dan facebook

optimasi media sosial

Mulai menerjunkan diri ke dunia blogger menjadi keharusan bagiku untuk menaruh perhatian pada akun-akunku di media sosial. Seperti yang dikatakan para blogger profesional, media sosial juga berperan penting untuk meningkatkan traffic pada blog kita. Blogku sendiri, media sosial menempati posisi kedua setelah direct atau yang biasanya kita sebar link-link lalu dikunjungi teman kita. Jagan tanya organiknya karena memang semenyedihkan itu hiks.

Aku sendiri termasuk orang yang tidak suka dengan instagram, karena merawatnya ternyata menjemukan. Harus menyesuaikan dengan feed ini, tonenya dibuat yang aestethic dan banyak hal lainnya. Sebenarnya karena masalah foto saja sih, aku tidak pandai membidik gambar yang bagus. Jadi instagramku mau diisi apa? Quotes terus? Nggak bisa sok puitis padahal.

Beruntungnya aku berjodoh dengan Marathon Coaching, pada malam kedua diberikan materi tentang optimasi media sosial dan fotografi. Lah kurang jodoh apalagi? Itu materi isinya kegundahanku semua hehe, dan akhirnya aku tersadar ternyata kemalasanku itu hanya karena aku belum paham ilmunya saja, dan ini adalah beberapa manfaat dari optimasi media sosial yang disampaikan oleh coach Ilham Sadli

Manfaat Media Social

Aktif di media sosial tidak hanya memberi manfaat untuk diri kita saja, namun banyak hal yang akan kita dapat, seperti :

Menjaga silaturahmi

Aku setuju ya, karena aku termasuk pemilik akun twitter sejak 2010 otomatis teman-teman yang masih ada disitu juga beragam, mulai dari teman SMP sampai SMK, sesekali aku membalas tweetnya dan kami berdua saling menyapa, bertukar kabar, atau bisa melihat aktivitasnya melalui story yang mereka bagikan di IG maupun FB.

Perbanyak Koneksi

Memperbanyak koneksi pertemanan kita, semakin luas pertemanan kita maka akan semakin banyak ilmu relasi yang akan mengembangkan kita. Saling sharing ilmu bersama, atau membagikan info seminar online yang akan menambah wawasan kita.

Branding

Media sosial juga bisa kita manfaatkan untuk sarana branding kita, bagikan saja yang manfaat menurutmu dan lama kelamaan akan dikenallah kita dengan apa yang sering kita bagikan. Terkenal suka curhatnya atau sambatnya kwokwok

Media Promisi Blog

Di atas tadi sudah aku sampaikan saat aku melihat data di google analytics, untuk pengunjung terbesar itu berasal dari direct dan kedua adalah Media Sosial, sayang banget kalau tidak dioptimasi kan.
Nyatanya meski malas-malasan untuk melakukan optimasi, dengan manfaat-manfaat yang disampaikan coach Ilham ini bisa membuka mataku. Ternyata sosial media memang sangat penting. Iyakan fren?

Kalau Penting, Harus Optimasi Yang Mana?

Media sosial itu begitu banyak, diantaranya yang sedang populer adalah facebook, twitter, instagram, youtube, tiktok, snapchat, linked in dan masih banyak lagi. Banyaknya media sosial yang bisa kita manfaatkan ini lebih cenderung kemanakah kita? Apakah facebook yang bebas menulis dan mengirim gambar seperti mini blog, twitter yang jika kamu mageran foto ini akan lebih nyaman, instagram yang suka membuat foto-foto lucu ataupun mendesain sebuah feed. Coba jawab dalam hati kalian masing-masing, lebih cenderung kemana fren?

Blogger dan media sosial itu dua hal yang sulit dipisahkan, kecuali jika kita adalah seorang pemain film, aktris, model dan seterusnya
-coach Ilham Sadli-

 

Cara Membrandingkan Diri di Media Sosial

Setelah menemukan Media Sosial yang klik sama kita dan banyak orang yang mengandrunginya, saatnya kita paham bagaimana caranya untuk membrandingkan diri kita disana, saatnya menyiapkan alat-alat untuk terjun ke dalam media sosial kita, apa saja yang perlu dipersiapkan?

Tentukan Audience

Menentukan siapa audience kita menjadi awal kita melangkah untuk ke tahap selanjutnya, karena kenal dengan audience akan membuat kita semakin cepat untuk akrab dengan mereka dan bisa mengerti apa yang mereka sukai, sehingga meningkatkan engagement media sosial kita.

Mau di kenal sebagai?

Seperti blog yang ada niche, media sosial kita juga harus kita tentukan arahnya, jika kita ingin dikenal sebagai orang yang alim maka share semua hal terkait keagamaan yang kita ketahui, manfaatnya adalah jika nanti ada yang sedang tren kitapun bisa ikut andil dengan sudut pandang kita.

Punya Ciri Khas Apa?

Apa sih yang membuat orang lain harus memfollow kita? Karena kita itu kita harus punya pembeda dari akun-akun lainnya.

Tentukan Arah Akunnya

Sapaan, gaya bahasa dan kosa kata kita akan seperti apa itu penting juga untuk semakin mudah dikenal dengan ciri khasnya.

Konsisten

Sudah melakukan step-step di atas? Sekarang saatnya untuk melatih diri agar konsisten menjalankannya, percuma saja jika kita hanya melakukannya setahun sekali, jangankan setahun sebulan saja mungkin sudah yang banyak melupakan kita. 

Langkah-Langkah Untuk Optimasi

Setelah kita paham persenjataan yang akan kita bawa bertempur menyelami media sosial, saatnya kita mulai mengeksekusi

Lakukan Interaksi (SKSD)

Sok Kenal Sok Dekat, seharusnya kita mengganti singkatan itu menjadi Saling Kenal Saling Dekat, beda ya antara yang sok-sokan hehe kesannya tidak tulus, namun jika kita sudah berusaha untuk saling mengenal dan saling dekat akan membuat orang lain bisa nyaman dan tidak terganggu dengan sapaan kita.

Saling Follow dengan berbagai kalangan

Menambah relasi bertambah pula wawasan kita, jangan hanya berhenti pada satu forum saja ya agar nanti pemikiran kita juga bisa lebih terbuka, tidak fanatik dalam suatu golongan #loh

Selalu Perhatikan Analytics

Pantau terus, manakah konten kita yang paling disukai oleh audience kita, jangan lupa untuk dikembangkan menjadi konten baru lainnya.

Berperan dan ikut serta dalam konten-konten yang viral

Sudah menemukan arah dalam bergerak dan sering-sering juga membuat konten yang sedang viral, atau muncul di konten yang sudah viral. 

Hal yang perlu diperhatikan Ketika Akan Branding di Media Sosial

Tujuan

Tujuan kita, apakah untuk menghibur, membagikan informasi terkini, mengedukasi, atau sebuah ajakan. Ayo tentukan sekarang.

Karakter

Mau menjadi karakter seperti apakah nantinya? Apakah lucu? Berwibawa, menyenangkan, inspiratif, atau profesional, jawab sendiri-sendiri ya hehe

Bahasa

Dan bahasa yang kita bawakan seperti apa? Apakah baku, formal, santai, dan recehan hehe jangan lupa perhatikan audience kita juga ya, kalau kita maunya pakai bahasa baku pada audience kita isinya remaja semua wah bisa pada kabur hehe

Gaya Bicara

Mau menggunakan gaya bahasa seperti apakah? Kritis, rendah hati, baper atau yang lainnya 

5 Hal Yang Mempengaruhi Optimalnya Media Sosial

Konten -> Konsisten -> Timing -> Audience Yang Tepat Sasaran -> Ikuti Tren
Pegang kuat 5 hal itu ya fren, agar kita tida mudah goyah dan tetap istiqomah menyebarkan kebaikan.

Pada akhirnya Media Sosial kita memang harus dimanfaatkan untuk kebutuhan berbagi kita, mencari sebanyak-banyaknya ladang pahal yang bisa kita dapat dan lupa tanamkan selalu niat yang lurus karena Allah agar kita tetap konsisten membuat konten yang berkualitas.


Baca Juga