Temukan Ikigai mu Demi Hidup Yang Lebih Berwarna

temukan ikigai, arti ikigai, hidup bahagia dengan ikigai
 
temukan alasan untuk bersemangat hidup

Pernah nggak fren ketika kalian bangun tidur di pagi hari rasanya malas sekali untuk melanjutkan aktivitas? Atau mata yang terasa sangat berat dan gaya gravitasi kasur yang sangat kuat serasa tubuh di serap tidak bisa bangkit? Lalu kasur yang mulai menunjukkan sikap posesifnya? Yah itu semua alasan-alasan klasik yang akan kita buat untuk menutupi kemalasan kita. Pada kenyataannya kita hanya enggan bangun saja, entah karena tidur semalam belum tuntas atau memang tidak memiliki alasan untuk bersemangat dalam menjalani aktivitas. Jika saat membuka mata kita tidak kunjung bangkit dan bersiap-siap menyambut hari, bisa jadi kita telah kehilangan orientasi hidup kita, lalu apa yang harus dilakukan jika sudah terjadi? Saatnya kita mulai mencari Ikigai dalam diri kita.
 

Apa Itu Ikigai?

Ketika mendengar Ikigai apa yang terlintas di pikiran kalian fren? Saat pertama kali mendengarnya jiwa otaku ku yang sudah meredup menyala kembali, bayangan laki-laki 2 dimensi bermunculan. Tapi tidak sepenuhnya salah lho fren, karena ikigai ini memang bahasa Jepang, bahasa ibu pertiwinya Anime. Nggak papalah jika disangkut-sangkutin sedikit hehe.
 
Sebelum kita membahas tentang Ikigai lebih dalam, mari kita renungkan bersama tentang arti kebahagiaan untuk diri kita, pejamkan mata lalu bayangkan hal yang akan membuat kita memperlihatkan deretan gigi kita hingga mengering. Sudah? Nah bagaimana, mencerna arti kebahagiaan dalam diri kita ternyata cukup sulit, ada yang selama ini belum pernah terpikirkan, ada juga yang merasa tidak butuh untuk memikirkannya, atau ada yang baru tersadar ternyata dirinya belum pernah bahagia? Wahaha parah sih.
 
Barometer kebahagiaan seseorang itu berbeda-beda ada yang sudah bahagia jika aktivitasnya ditemani oleh segelas boba, dan beberapa keping cookies. Ada yang bahagia jika sudah menyelesaikan semua pekerjaannya. Tergantung bagaimana kita meletakkan kebahagiaan itu pada nilai apa.
 
Konsep ikigai ini lahir dari Jepang lebih tepatnya salah satu kota di Jepang yang bernama Okinawa, kota tersebut dikatan sebagai kota yang paling bahagia di seluruh dunia lho fren, karena kebanyakan penduduknya adalah orang tua. Jadi minim sekali konflik atau kasus kekerasan, namanya juga udah sepuh masak masih mau adu jotos? Hehe, nah disinilah kemudian Ikigai itu hadir.
 
Simplenya sih Ikigai adalah cara kita mencari arti kebahagiaan, menemukan alasan kenapa kita harus bersemangat dipagi hari ketika bangun tidur, membuat hidup lebih berwarna karena kita menjalaninya dengan penuh kebahagiaan
 
Lalu bagaimana cara menemukan ikigai dalam hidup?

What I Love

Tuliskan apa yang menjadi kegembiraanmu, apa saja yang akan selalu membuatmu bersemangat melakukannya. Jika bingung menemukan apa yang menjadikan kita bahagia, cobalah pikirkan apa yang sekarang sedang ingin dilakukan, katakan satu kalimat yang bisa menggambarkan diri kalian fren, dan hal apa yang jika kita melakukannya kita merasa mendapatkan cahaya-cahaya surgawi. Selamat mencari fren.

What I Am Good At

Ketika kalian sudah berhasil menemukan apa yang menjadi kesukaan kita, mari melanjutkan distep berikutnya yaitu dengan menuliskan kita ini baik dalam hal apa. Jika yang dituliskan pada poin pertama adalah menulis maka poin kedua ini bisa kita persempit dengan menuliskan bidang menulis apa yang kita baik disana, misal baik dalam menulis fiksi

What The World Needs

Sudah berhasil menemukan passion kita saatnya memunculkan pertanyaan, apakah dengan modal kesukaan serta keahlian kita dapat menjawab permasalahan yang dibutuhkan orang-orang disekitar? Fren, percuma saja ketika kita sudah menemukan passion namun kita tidak memberikan manfaat pada sekitar kita, jadi jika jawaban dari pertanyaan tadi terjawab dengan ‘tidak bisa’, aku sarankan kembali ke poin pertama deh.

What I Can Be Paid For

Setelah menemukan apa yang disekitar kita butuhkan, nah tidak ada salahnya lalu menjadikannya pundi-pundi pemasukan. Membantu orang lain dengan hal yang kita sukai? Idaman banget ya hehe.

Sudah berhasil menemukan jawaban dari ke 4 hal diatas? Jika belum bisa dicari perlahan sambil shalat istikharah kalau perlu hehe, nah selanjutnya adalah kita gunakan rumus-rumus yang ada dalam ikigai

What I Love + What I Am Good At = PASSION

Menemukan passion ternyata perkara mudah fren, hehe iya mudah dengan catatan kita sudah bisa menuliskan apa yang menjadi kesukaan kita dan keahlian kita dalam hal yang kita sukai, itulah passion. Apa passionmu? Sharing di komentar yaa

What I Love + What The World Needs = MISSION

Mau menjadi agen kebaikan tapi bingung harus mengambil peran apa? Cukup lihat saja apa yang kita sukai itu dan apa yang lingkungan kita butuhkan, dan ambillah peran disana. Contohnya misal kita menyukai hidup sehat, dan orang sekitar butuh disadarkan tentang pentingnya hidup sehat. Maka ambil saja peran untuk menjadi agen perubahan hidup sehat. Membagikan ilmu tentang apa yang kita sukai? Kenapa tidak.

What I Am Good At + What I Can Be Paid For = PROFESSION

Keahlian kita yang bisa meghasilkan uang bisa dimanfaatkan untuk menjadi pekerjaan yang kita geluti, sudah semestikan memang mendapatkan bayaran dengan apa yang menjadi keahlian kita kan fren

What The Wolrd Needs + What I Can Be Paid For = VOCATION

Jika profesi membutuhkan keahlian khusus maka pekerjaan tidak harus, dengan menjawab keinginan lingkungan disekitar kita bisa menjadi sumber rezeki untuk kita semua.
Bagaimana? Sudahkah bisa menemukan ikigaimu sekarang? Dengan ikigai kita bisa menjalani hidup sengan lebih bahagia, tanpa perasaan tertekan sedikitpun. Namun yang perlu kita garisbawahi menggunakan konsep ikigai ini lantas tidak membuat kita menjadi memilah-milah hal yang disukai dan tidak mau melakukan aktivitas yang tidak kita sukai, jika ada satu artikel yang membahas ini aku mampu hehe

Cr PicCard photo created by rawpixel.com - www.freepik.com
Baca Juga