Jalan Mengenal Allah

jalan mengenal Allah, Ayat Kauniyah, Ayat Qouliyah,

Jalan mengenal Allah, oke gengs kali ini kita sama-sama belajar kembali yuk mengingat bagaimana cara menemukan jalan untuk mengenal Allah dan mengasah kepekaan hati kita agar dapat dengan mudah menangkap tanda-tanda kebesaran Allah yang sudah terpampang jelas dihadapan kita. Karena sesungguhnya orang yang mampu mengenal dan memperbaiki kedekatannya kepada Allah adalah orang yang telah menerima kasih serta rahmat dari Allah. Beruntung banget ya kalau sampai bisa mendapatkan kasih dan sayangNya.

Jalan Mengenal Allah

Masih setia baca sampai sini? Wah selamat, semoga kita semua termasuk orang-orang yang Allah cintai ya, aamiin. Mengenal Allah adalah dengan cara membaca ayat-ayatNya, Ayat sendiri bukan hanya yang kita dapati di Quran lho gengs, tapi dia juga bisa diartikan sebagai petunjuk, kalau kalian lihat di jalan ada rambu-rambu huruf P yang dicoret, artinya kita tidak boleh parkir disekitar sana, karena pasti akan mengundang masalah jika kita tetap nekat. Nah rambu-rambu itu juga adalah ayat. Lalu ayat Allah itu seperti apa? Ayat Allah adalah segala yang bisa menyampaikan kepada kita sampai pada tujuan hidup sebenarnya yaitu Allah, dan ada dua hal dari ayat Allah yang harus kita ketahui,

1. Ayat-Ayat Kauniyah

Gengs, kalian pasti suka main ke Pantai kan? Atau ke tempat manapun yang jika dipakai untuk foto hasilnya instagramable, yah minimal untuk update story lah hehe. Selama berburu spot foto itu pernahkah kita selalu mengantongi niat untuk bertadabbur alam? Atau sekedar merenungi keindahan alam yang semua itu tak lepas dari karunia Allah. Nah gengs, ternyata tanpa kita sadari apa yang ada di langit maupun di bumi sedang mencoba memberitahu kepada kita bahwa mereka adalah ciptaan Allah dan itulah ayat-ayat kauniyah. Contoh dari ayat-ayat kauniyah ini adalah bagaimana pasnya jarak antara matahari dan bumi pernah nggak kepikiran ini? Atau keindahan malam yang dipenuhi bintang


“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal” Q.S Ali Imron : 190


Ayat-ayat kauniyah ini pun bisa kita dapati dalam keseharian kita, misal saat kita mendapatkan kejadian baik dan kejadian buruk. Dan disetiap kejadian akan selalu disandingkan dengan perbuatan. Misalnya kita kehilangan uang, semua setuju bukan kalau uang hilang itu termasuk kejadian buruk? Nah dengan kejadian buruk yang telah menimpa kita ini, lalu perbuatan apakah yang akan kita lakukan setelahnya?

A Mengumpat, melampiaskan seluruh emosi dengan marah kepada siapapun yang sebenarnya kita tahu melakukan itupun uang kita tidak akan kembali. Namun si
B memilih untuk bersabar dan ridho atas apa yang sudah Allah tetapkan dan berpikir jika mungkin kita kurang sedekah sehingga Allah mengambil sedikit uang kita.

Pilih jadi A atau B nih gengs? Orang yang beruntung dan bersih hatinya pasti akan memilih menjadi B. karena dia berhasil membaca ayat Allah dari kejadian yang menimpanya, menjadikan itu untuk semakin dekat dengan Allah. Jadi pastikan kita selalu memilih mengambil tindakan yang bernilai baik di mata Allah ya, kalau kesleo dikit ya cepet-cepet pindah haluan hehe

2. Ayat-Ayat Qouliyah

Nah gengs kali ini ayat qouliyah adalah ayat yang seperti kita pahami sebelum-sebelumnya, dia adalah ayat yang mengandung firman-firman Allah yaitu Al-Quranul Kariim, makanya kenapa penting untuk kita membaca terjemahannya fren, kalau kita hanya membaca arabnya saja siapa yang bisa menjamin kita akan paham maksud dari ayat itu? Gimana mau dapet petunjuk kalau paham aja enggak hehe. Dengan kita yang membiasakan membaca terjemahannya mentadabburinya setiap hari akan mudah Allah pun memberikan petunjuk-petunjuknya untuk kita.

Contohnya aku dulu pernah merasa sedih sekali, sampai kemudian aku membaca Quran melanjutkan bacaanku dan entah kenapa bisa ketemu dengan surah At-Taubah ayat 40 yang artinya


“Janganlah Bersedih, Allah bersama kita” (Q.S At-Taubah: 40)


Ayat itu memang sudah populer sebelumnya, yang sebelumnya tidak begitu terasa karena namanya manusia nggak bisa tu kalau cuma dicubit, harus ditampar dulu baru deh sadar. Dan ayat itu benar-benar menjadi penghibur dalam kesedihan yang sedang melandaku saat itu. Jadi Al-Quran itu memang menjadi pedoman hidup, dia akan memberikan petunjuk yang kita butuhkan, menjawab segala kegundahan, dan menjadi kabar gembiran untuk kita.

Nah bayaha kalau kita sampai ngerasa Al-Quran itu tidak menjawab permasalahan kita, bisa jadi Al-Quran yang enggan untuk memberikan jawaban kepada kita karena kita yang sudah mengabaikannya begitu lama, hwaaa hiks yuk buka lagi Qurannya. Jangan sampai kita dibuat Al-Qur’an lupa.

Oya gengs, dalam Qur’an juga terdapat Asma’ul Husna yang sudah kita pelajari itu sejak duduk di sekolah dasar, disana Allah memperkenalkan diriNya dengan 99 nama yang agung. Kita yang mengenali Allah akan membuat semakin yakin menjalani hidup, yang biasa orang-orang katakan “selow aja” iya selow karena kita punya Allah, contohnya Ar-Razzaq yang berarti maha pemberi Rizki, kita yang bisa membaca ayat Allah pasti akan selalu ingat bahwa rizki kita hari ini maupun besok sudah Allah tentukan, memikirkannya hanya akan membuat kita pusing sendiri fren. Yaiyalah memikirkan apa yang bukan menjadi ranah kita pasti melelahkan, ilmunya itu lho nggak nyampek hehe. Tapi tetap harus mengusahakan ya, yang kita bahas disini adalah hasil dari usaha kita.

Wah, untunglah ini lapak #SelfReminder jadi apa yang aku tulis ini sebenarnya juga menyindir diri sendiri hehe, semoga saja diri ini mudah untuk melihat dan membaca ayat-ayat Allah yang bertebaran setiap harinya. Yups, ayo semangat berproses dalam kebaikan dan selalu dimudahkan menemukan jalan mengenal Allah
Baca Juga