Zona Auto Kritik

Review Aplikasi Baca Berita IDN App Untuk Atasi KUDET-mu

3 comments

Sering kali aku merasa menjadi manusia yang hidup dibawah bebatuan karena aku yang buta dengan situasi terkini, padahal sebenarnya dengan pekerjaanku sebagai admin Sosial Media yang salah satu jobdescnya adalah membuat konten, tentu update berita menjadi sebuah keharusan. Tapi kadang untuk meluangkan waktu mencari berita di internet terasa sangat melelahkan, belum lagi mood yang mendadak kacau ketika membuka artikel clickbait, itu menjemukan sekali bukan?
 
Entah jodoh atau bagaimana, ada seorang teman yang memberikan info tentang IDN App, awalnya sudah pasti aku menolaknya. Bukan tanpa alasan, mengingat bagaimana aplikasi baca berita serupa yang beberapa kali aku download demi kebutuhan updateku tidak membuatku nyaman menggunakanya, iklan dimana-mana, salah pencet malah diarahkan ke situs yang tidak jelas. Tapi temanku memaksa “cobain dulu” begitu katanya seolah ada sebuah janji kali ini akan beda rasanya dengan yang sebelumnya.
 
Karena aku sangat selektif, apalagi dari yang dikatakan temanku itu mengundang sebuah tantangan untuk membuktikan bahwa ini IDN App aplikasi baca berita yang berbeda dari yang lain,
 
1. Ukuran Aplikasi Paling Ringan
Untukku yang masih setia dengan smartphone keluaran 2017 dengan RAM dan memori seadanya ukuran aplikasi menjadi pertimbangan yang sangat penting, setelah aku bandingan dengan aplikasi lain ternyata IDN App yang paling kecil ukurannya, hanya sekitar 9.5 MB sedangkan yang lain ada yang 15 MB, 20 MB bahkan 30 MB, jelas IDN App sudah lolos untuk menjadi sahabat HP jadulku.
 

2. Topik Yang Disediakan Melimpah
Setelah Login akan diarahkan ke menu Explore, disni kita diberikan pilihan kira-kira topik apa yang kita sukai dan yang nantinya akan muncul di home tanpa perlu bersusah-susah mencarinya. Dan ternyata ketika ada artikel baru dari topik yang kita pilih akan ada notifikasinya loh, ini sih poin plusnya untuk orang yang sangat-sangat mager sepertiku, aku tinggal klik saja notifnya dan update deh. Karena ini di setting berdasarkan topik yang kita pilih setiap notifnya selalu mengundang untuk dibaca. Nggak ada lagi Rachma yang dikenal dengan kekudetannya sekarang haha.

3. User Interface Simple dan Eyecatching
Alasan kenapa aku malas mengunduh aplikasi baca berita salah satunya juga karena tampilannya yang tidak nyaman untuk dilihat, aplikasi baca ketika yang disuguhkan tidak enak dipandang meski berita yang disajikan itu menarik, pengalaman membacanya jadi tidak maksimal. Tapi IDN App paham kalau ada orang yang seperti aku hehe jadi di desain yang simple saja, lalu ada fitur dark mode juga yang bisa di setting untuk auto yang akan bekerja saat malam atau mau pakai dark mode terus juga bisa, dan itu cukup memberikan pengalaman membaca yang nyaman dan betah berlama-lama.
 
Selain tampilannya yang oke, ada beberapa section yang bisa kita akses dengan mudah, tinggal di klik saja maka akan muncul halaman yang kita inginkan, seperti ini
  • Semua
    Menyediakan berita terpopuler yang sesuai dengan topik yang kita pilih, kita tinggal scrolling saja kebawah dan semua menu sudah tersedia disana, jamuannya ini bikin enggan beranjak karena IDN App ini punya berita terlengkap ada saja yang menarik perhatian.

  • Tanya Jawab
    Disini kita bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan user lainnya, atau menambahkan pertanyaan baru dan user lainnya akan menjawab, bisa dijadikan tempat untuk menambah relasi dan ajang silaturahmi nih
     
  • Rekomendasi
    Kamu Harus Baca masih dengan topik favorit kita tapi dengan pilihan meja direksi pihak IDN App.

  • Untukmu
    Special Buat Kamu, saking banyaknya filter untuk berita favorit, nggak ada alasan lagi ketinggalan berita yang memang kita ikuti dan yang mungkin menyangkut keseharian dan pekerjaan kita.

  • Terbaru
    Meski tadi kita sudah memilih topik, tenang saja kita tetap diberikan fasilitas untuk melihat juga berita terbaru dari semua topik di IDN, biar nambah wawasan kita nih nggak update berita yang itu-itu saja hehe

  • Topik
    Setelah tadi sudah menentukan beberapa topik yang kita minati, disini bisa kita edit dan memilih lagi mana topik yang menjadi kamu banget, biar makin up to date!

  • Populer
    Disini juga bisa kita tengok untuk melihat berita apa sih yang sedang viral dari semua topik yang disediakan IDN App,

  • Unik
    Berita pilihan redaksi IDN App, unik cocok untuk kita yang mungkin sudah mulai penat karena berita yang kita baca. Mengulik menu ini mungkin bisa sedikit menghibur dengan berita yang lucu-lucu, aku sesekali mampir kesana dan memang kocak-kocak isinya.
 
4. Tanpa Iklan dan Akses Tidak Lemot
Suka males kalau baca berita tiba-tiba muncul iklan? baca berita pakai IDN App nggak ada iklan sama sekali, kan nggak enak ya kalau lagi baca tiba-tiba diinterupsi. Karena nggak ada iklan rasanya bebas dan aplikasinya terasa tidak berat.
 
5. Say Goodbye Dengan Artikel Bersambung
Udah lemot, banyak iklan artikelnya bersambung setiap poinnya, HP kentang seperti milikku ini sama sekali tidak bisa jika harus menjalin hubungan baik dengan si doi, beruntung banget IDN App memusnahkan itu, mulai sekarang aku tidak mau lagi kenal dengan berita bersambung hehe

6. Anti Cklickbait
Judul yang diberikan pada suatu artikel terkadang ada yang sangat mengundang karena yang digunakan itu super duper menggelegar tapi nyatanya saat di klik isinya tidak ada sama sekali yang nyambung dengan judul, teknik pembuatan judul clikbait ini masih banyak digunakan sampai saat ini lho dan keunggulan pada IDN App ini sama sekali tidak ada clickbaitnya, apa yang ada di judulnya itulah yang nanti akan kita baca.
 
7. Simpan Atau Bagikan Artikel Favoritmu Kepada Sahabat
Setelah baca artikel yang rasanya penting banget bisa langsung kita save dan share ke kepada teman kita, IDN App menyediakan fitur yang memudahkan banget lho, tinggal klik saja mau dibagikan ke media sosial mana atau sekedar ke grup WhatsApp dan ini ada pada setiap artikel. Kita juga bisa komen di setiap artikel simple banget karena disediakan tombolnya tanpa harus scrolling down sampai bawah.
 

8. Menulis Dimanapun dan Kapanpun
Jika ingin memulai karirnya dalam bidang kepenulisan bisa banget untuk memulainya dengan IDN App ini, kita bisa menulis dimanapun tanpa harus membawa leptop kemanapun karena dengan HP saja sudah bisa. Apalagi yang ditawarkan IDN App juga menggiurkan kirim 4 artikelmu dan dapatkan pointnya, pointnya yang dikasih juga nggak pelit-pelit kok kalau kata teman-teman yang sudah pernah ngirim sih ya, dan bisa di redeem juga, mau deh sesekali nulis disana juga. Dan buat temen-temen pelajar juga bisa banget kan untuk penghasilan tambahan, buat kuota hehe.

KESIMPULAN
Dengan semua kenyamanan membaca d IDN App yang Milenial dan Gen Z friendly, alangkah baiknya jika disediakan topik tambahan bertema religius, mengingat banyak Milenial serta Gen Z yang saat ini sudah mulai semangat untuk belajar tentang agamanya dan banyak artikel di IDN Times yang membahasnya juga, dengan adanya topik bertema religius bisa lebih memudahkan kita mendapatkan informasi tambahan terkait ruhani, jadi yang tambah bukan hanya wawasan terkini tapi juga keilmuan terkait agama.


Dan sekarang aku siap lahir kembali dengan mencoret branding kudet yang selama ini tersemat pada diriku, ya malu lah kalau ada temen yang lagi asik ngobrol tiba-tiba aku nyautin tapi bukannya nyambung obrolan malah “hah? Apa? Gimana? Kok bisa?” ternyata ngebetein juga ya aku selama ini hehe, untung udah punya IDN App di HP, yok bahas apa sini aku jabanin hehe
Aky
Panggil aku Aky. Memiliki keterbatasan berkomunikasi secara langsung jika membicarakan sesuatu secara mendalam, dan memiliki imajinasi liar serta kehaluan diluar batas wajar. Menulis adalah caraku untuk tetap normal.

Related Posts

3 comments

  1. Baru sadar ngebetein? Hehehe.
    Akhirnya bisa jadi manusia terupdate

    ReplyDelete
    Replies
    1. yahyah ngeselin beneran kwokwok maaf ya mbak sudah ngeselin skrng udah taubat semoga menjadi taubatan nasuha

      Delete
  2. Percaya deh kalo IDN App memang mantul update berita dan fitur-fiturnya :D

    Semangat kak, semoga beruntung :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Hosting Unlimited Indonesia

Follow by Email