Siapakah Yang Berperan Penting?

menjaga kesehatan, tubuh manusia berperan penting, peran penting tubuh, jangan sakit


 
    Assalamu’alaykum teman curhat, malam ini aku terpikirkan suatu fakta yang berhasil menusuk hingga menembus dada, rasa perihnya tak kunjung hilang meski sudah dialihkan dengan yang lain. Karena ini benar-benar hal sedang aku alami, jadi efeknya luar biasa hebat.
 
    Sore ini aku sedang berbincang-bincang cantik dengan seorang teman lama, kami saling menanyakan kabar lalu pembicaraan kami larut sampai tiba-tiba membahas tentang kesehatan. Cuaca saat ini membuat banyak teman yang aku ajak berbicara bersuara bindeng termasuk aku, padahal kita sedang digadang-gadang dengan bagaimana harus menjaga imunitas tubuh.
 
    Karena muncul sebuah kekhawatiran dengan imun kita yang mungkin sedang tidak dalam kondisi prima, lalu kita mulai membagikan tips-tips sehat yang dulu mungkin pernah kita dapat disalahsatu artikel atau buku. Seketika semangat untuk kembali mengonsumsi makanan sehat, olahraga, dan tidur di awal waktu langsung membara. Begitulah nikmatnya jika memiliki teman untuk saling mengingatkan dan memberikan semangat.
 
    Setelah saling berpamitan karena suara adzan sudah berkumandang, aku segera pergi ke kamar mandi untuk mengambil air wudhu dan bersiap-siap shalat maghrib. Selesai shalat aku terpikirkan sesuatu tentang beribadah, mencari rezeki, berdakwah, menjalankan amanah, dan masih banyak lagi. Siapakah yang mempunyai peran paling penting?
 
    Jawabannya tidak lain tidak bukan adalah tubuh kita, seketika ada sesuatu yang membuat hatiku terasa ngilu. Tubuh memiliki peran yang begitu besar untuk membuat segala aktivitas kita berjalan dengan lancar, menunaikan hak orang lain, dan tidak ada yang terdzolimi. Karenanya tubuh yang sehat adalah sebuah karunia Allah yang harus selalu kita syukuri setiap harinya. Tentunya dengan perannya yang begitu besar bolehkah jika dia dirusak? Jawabannya sudah pasti TIDAK.
 
Merusak Tubuh?
Banyak orang mungkin tidak sadar jika dia sudah melakukan kegiatan merusak tubuhnya, seperti begadang, bagun kesiangan, makan berlebihan, mengonsumsi makanan sampah, bekerja berlebihan, dan tidak berolahraga. Nah nah, ada kah yang lolos dari semua yang aku sebutkan? Tuliskan jika ada kegiatan merusak tubuh yang tidak aku sebutkan ya temans.
 
Akibat
Aku sendiri merasakan bagaimana aktivitasku yang terhambat karena aku sedang tidak dalam kondisi yang sehat, mendzolimi orang lain karena kelimpahan tugas yang seharusnya kita yang mengerjakan, tidak banyak terlibat dalam agenda kebaikan karena mata yang seperti dijahit saja susah dibuka, dan banyak lagi hal lain yang terlewat.
 
Solusi
Sayang sekali rasanya, dan dengan begini aku merasa harus merubah kebiasaanku yang sebelumnya sering begadang, meminum kopi yang bergula tinggi, dan tidak pernah olahraga. Tidak muluk-muluk mungkin dengan
  • Mempercepat Waktu tidur tidak lagi menunda-nunda pekerjaan akan mempercepat waktu tidurku, sehingga tidak perlu lagi
  • Mengurangi Makanan Minuman Bergula Tinggi aku suka sekali kopi, tapi tidak bisa jika tidak menggunakan gula atau pemanis apapun itu dan saat meminumnya biasanya harus ada oreo atau makanan manis lainnya yang menjadi toping. Dan terlalu banyak mengonsumsi gula juga tidak baik untuk kesehatan jadi aku akan berusaha menahan nafsuku untuk mengurangi, bukan berhenti total ya hiks aku memang lemah.
  • Olahraga bangun lebih awal tanpa ada rasa kantuk, setelahnya bisa disempatkan berolahraga minimal 5 menit perharinya. Yah meski terkesan cemen, yang terpenting aku akan mencoba merubahnya dan seiring bergantinya waktu semoga bisa istiqomah syukur-syukur durasinya bisa ditambahkan.
 
    Itu dia caraku mencoba menjaga dia yang sangat memiliki peran penting. Do’akan ya temans agar bisa istiqomah, kalau cara kamu gimana nih temans?
 

Baca Juga