Tanda Tubuhmu Mulai Kelebihan Berat Badan

tubuhmu mulai kelebihan berat badan, kenali tanda-tandanya dan waspada sejak dini

tubuh mulai kelebihan berat badan

Perubahan mungkin sering terjadi namun sedikit orang yang mampu merasakannya, apalagi jika itu menyangkut dirinya sendiri. Mungkin dengan teguran orang lainlah kita baru sadar ternyata ada suatu perubahan dalam diri kita. Contohnya ketika kita mulai kelebihan berat badan, biasanya baru akan sadar jika ada teman atau kerabat mengatakan“kok gendutan sekarang?”

Setelah mendapat teguran itu siapa yang cepat-cepat bercermin? Menatapi wajah kita yang sebelumnya terlihat biasa saja, setelah mendengar kata "gendutan" langsung berubah menjadi chubby. tidak puas dengan menatap wajah, kita beralih ke timbangan yang angkanya semakin bertambah. Barulah setelah itu kita jadi instrospeksi diri, kira-kira makanan apa yang menjadi penyebab utama kegemukan.

Tanda-tanda Tubuh Harus Diet

Padahal seharusnya tanpa ada yang bertanya pun, kita sudah tahu terlebih dulu kalau berat badan naik. Karena tubuh kita ini sangat pintar, dia akan sangat mudah menyesuaikan dan mengirimkan sinyal-sinyal warning, bahwa ada sesuatu yang salah dengan tubuh kita. Lalu bagaimanakah cara mengetahui tanda-tanda bahwa tubuh kita mulai kelebihan berat badan?

1. Mudah Lapar

Pernah nggak habis makan banyak tapi beberapa menit setelahnya sudah lapar kembali? Atau malah lupa sudah makan padahal piringnya belum dicuci, itu sih aku hehe. Hal ini bisa terjadi karena terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat, kurangnya sehat pada makanan kita dapat membuat tubuh mencerna dengan cepat, akhirnya tubuh akan merasa cepat lapar kembali.

Nah mulailah untuk mengonsumsi sayuran, makanan berserat dan mengurangi karbo, dengan banyak makan sayur sebenarnya bisa sekali membuat kita merasa kenyang. Selain itu sayur juga memiliki kalori rendah, jadi tidak perlu khawatir ketika kita mau mengonsumsi sayur yang banyak kalori kita akan tetap terjaga dan perut juga kenyang.

2. Susah Berkonsentrasi/Fokus

Karena pola makan yang buruk atau sering mengonsumsi makanan cepat saji, terkadang memang tidak terlalu kita pikirkan akibatnya bagi tubuh, padalah dia ini adalah salah satu alasan kenapa kita jadi malas bergerak kesana kemari, kandungan kalori dalam satu Mcspicy Chicken Burger saja terdapat 522 kalori, dan membakar kalori sebanyak itu dengan waktu singkat salah satunya berlari cepat 13km/jam. 

Kebayang capeknya gimana? Bagaimana kabarnya jika setelah memakannya tidak olahraga? Tentu saja hal ini akan mengakibatkan obesitas dan obesitas akan membuat kita mudah kehilangan fokus. Mulai sekarang harus merenung terlebih dahulu ya Fren kalau mau membeli makanan cepat saji hehe.

3. Loyo, Mudah Kelelahan

Karena terdapat tumpukan lemak baru didalam tubuh kita yang tidak disadari juga bertambahnya berat badan. Tubuh akan menyesuaikan diri dan pada akhirnya tenaga yang dibutuhkan untuk melakukan suatu kegiatan akan semakin besar sehingga wajar jika kita mudah merasa kelelahan.

4. Kulit Menjadi Kering dan Bermasalah

Yakinlah bawah semua skincare yang teman-teman pakai kekuatannya tidak lebih dari 30%. Faktor lain yang harus kalian perhatikan Fren, adalah makanan apa yang masuk kedalam perut kalian. Jika sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat, maka semakin banyak juga jerawat yang bermunculan, tidak minum air putih juga akan membuat kulit kering. 

Jadi jangan habiskan uangmu untuk skincare saja Fren, belilah seperlunya saja. Lalu ubah saja pola makanmu. In syaa Allah kulit wajah dan tubuh akan semakin sehat, berseri dan glowing hehe.

5. Kualitas Tidur Yang Tidak Baik

Periksa lemakmu, dimana sajakah lemak-lemakmu itu berada? Karena semakin hari badan semakin bertambah lemaknya tanpa sadar sudah banyak sekali tabungan lemak yang ada di tubuh kita, termasuk di leher. Lemak-lemak di leher inilah yang bisa mengganggu saluran pernafasan kita, mereka yang berat badannya berlebih cenderung memiliki lebih banyak lemak yang melapisi saluran udara di belakang tenggorokan. 

Wah wajib waspada kalau sudah begini, bukan lagi harus diet tapi menjadi wajib hukumnya untuk diet. Langsung berkonsultasi dengan dokter saja ya Fren.

Kelebihan Berat Badan Menurut Nilai BMI

Untuk memastikan kelebihan berat badanmu itu dalam tahapan harus atau wajib diet, maka cara yang paling ampuh adalah dengan menghitung indeks massa tubuh atau body mass index (BMI). Dengan ini kita dapat memprediksi seberapa mudah kita akan terserang penyakit. 

Itulah tanda-tanda tubuh mulai kelebihan berat badan, nah ada berapa poin yang saat ini teman-teman alami? Cukup 3 poin saja untuk tidak lagi beralasan menunda olahraga dan mengonsumsi clean food ya, seperti aku hiks.





Baca Juga