5 Pertanyaan Untuk Menjemput Ide ala kak Jee Luvina

tips untuk menjemput ide ala kak Jee Luvina yang bisa kita terapkan untuk mulai membiasakan menulis

Dalam 2 hari ini selama mengikuti Nulisyuk Batch 60 rasanya banyak sekali materi yang didapat, salah satunya adalah 5 pertanyaan untuk menjemput ide. Dengan 5 pertanyaan inilah nanti kita akan mudah menemukan ide lalu kemudian di gali, nah apa sajakah 5 pertanyaan itu?

1. Tuliskan Apa Yang Kamu Ketahui

Menuliskan apa yang kita ketahui ini juga menjadi salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk mengikat ilmu semakin erat, dengan menuliskannya kembali bisa membuat kita semakin paham dengan ilmu yang kita miliki. Jadi ayo tuliskan saja kembali ilmumu dan jangan lupa untuk dibagikan.

2. Tuliskan Apa Yang Kamu Dengar

Menuliskan apa yang kita dengar dari orang lain juga bisa kita jadikan untuk bahan ide, bisa jadi hari ini ada teman kita yang sedang curhat dan meminta nasehat, minta izin temanmu untuk menceritakan kembali melalui tulisan dan berikan juga contoh solusi agar orang yang memiliki masalahserupa dapat terbantu, tidak harus curhat bisa jadi saat kita berdiskusi denga teman.

3. Tuliskan Apa Yang Kamu Lihat

Deskripsikan tempatmu berada saat ini atau ceritakan saja hal yang hari ini kamu lihat, bagaimana bentuknya, menceritakan wujud suatu benda juga bisa kita jadikan ide menulis lho dengan mangkaitkannya dengan hal lain, misal kita melihat pisau lalu kita deskripsikan pisau itu bagaimana dan ditambah peristiwa yang baru saja kita lihat lainnya.

4. Tuliskan Apa Yang Kamu Pikirkan

Makanya kenapa menulis bisa menjadi self healing, karena kita bisa membuang unek-unek kita ke dalam tulisan. Menuliskan hal yang mengganggu pikiran kita akan membuat pikiran kita menjadi ringan kembali.

5. Tuliskan Apa Yang Kamu Rasakan

Saat ini sedang merasakan apa? Apakah merasa sedih, bimbang, galau, marah, dan lainnya yang bisa kita jadikan ide untuk menulis juga.

Nah itu tadi kelima tips menjemput ide yang aku pelajari saat mengikuti kelas Nulisyuk Batch 60.
Baca Juga