Ikut Kelas Nulisyuk Batch 60 Tema Menulis Diary

belajar terus konsisten untuk menulis dengan mengikuti kelas nulisyuk batch 60 dengan tema menulis diary
menulis diary



Kuucapkan selamat kepada diriku yang sudah mau untuk berusaha konsisten dengan menulis selama 2 bulan ini, karena pekan ini adalah pekan terakhir dari kita peserta ODOP batch 8. setelah kelas berakhir nanti aku belum tahu akan ada apa, tapi untuk menjaga agar semangat tetap on untuk menulis aku kembali mengikuti kelas Nulisyuk Batch 60 yang bertema Menulis Diary.

Menulis itu nggak akan ada liburnya, kalau perlu tahun depan nanti beli kalendar yang nggak ada tanggal merahnya, biar nggak ada alasan untuk bersantai. Aku tidak ingin kehilangan semangat menulis ini dan habbit yang aku bangun selama 2 bulan ini, makanya aku ingin kembali menantang diriku dengan menambah satu bulan lagi untuk merutinkan menulis.

Apa Saja Yang Ada di Nulisyuk Batch 60?

Alasan kenapa aku memilih kelas menulis ini selain karena aku takut kehilangan ghirah menulis atau habbitku menulis, ya karena ada banyak benefit yang ditawarkan di kelas ini, seperti

1. Reward uang tunai senilai Rp 1.000.000

Cukup dengan menulis selama sebulan saja bisa mengantongi uang 1juta rupiah lho Fren, eits tapi perjuangannya disini sangat ketat, meski sebenarnya temanya adalah menulis Diary tapi jika aku melihat kelas sebelumnya dengan tema yang sama, ada peserta yang bisa menuliskan hingga 2500 kata perharinya. Duh aku berjuang 800 kata aja masih tertatih-tatih, jelas untuk memperebutkan uang senilai 1juta rupiah bukan menjadi targetku mengikuti kelas ini. Bisa-bisa setelah 30 hari rambutku rontok hehe

2. Teman yang begitu melimpah

Teman itu memang sangat penting untuk menentukan semangat kita atau bagaimana cara kita memandang sesuatu, dengan kita memiliki teman seperjuangan bisa kita manfaatkan fasilitas saling mengingatkan itu. Baru-baru ini aku merasakannya, untuk saling mendo’akan dan saling menyemanggati. Jadi banyakin teman menulismu ya Fren.

3. Fasilitas menulis buku solo

Meski aku sedikit mempunyai harapan untuk bisa menelurkan buku solo barang satu buah saja tapi untuk menyiapkan tema apa yang akan ditentukan rasanya terlalu cepat. Meski begitu tetap harus dicoba bukan Fren, jika nanti diizinkan semoga saja tulisanku ini layak untuk ditindaklanjuti.

Selesailah dengan 7 task ini

Dari ketiga fasilitas yang sudah Nulisyuk batch 60 ini sediakan, pihak panitia juga menentukan beberapa peraturan serta tugas dan target agar kita para peserta dilatih komitmen menulisnya. Seperti kemarin ada beberapa tugas mulai dari

1. Membuat Strong Why

Dimanapun kita berada, alasan kita untuk menulis ini selalu menjadi bahasan yang hangat. Karena ini adalah pondasi yang akan semakin mengkokohkan niat kita untuk konsisten menulis. Dan lagi-lagi aku diingatkan kembali bagaimana untuk selalu ingat apa niatku untuk menulis ini, yaitu membenahi diri sendiri lalu kemudian menebarkan manfaat. Semua itu semata-mata untuk mencari keridhoan Allah, dengan mengambil peran kebaikan di bidang menulis.

2. Tujuan Mengikuti Kelas

Tujuan utamaku memang untuk menjaga habbit menulis yang sudah 2 bulan ini aku bangun, dengan kemudian menambahkan 1 bulan lagi harapannya dapat menjadikan menulis ini sudah menjadi bagian dari hidupku, kalau menulis ini sudah menyatu dengan alam bawah sadar kita, kedepannya menuls tidak lagi menjadi sebuah beban melainkan hal yang akan kita lakukan dengan senang hati. Jika ketika menulis tidak lagi membuat kita semakin lelah dan malah sebaliknya dengan menulis membuat semangat kita membara, selamat.

3. Mencari sebanyak-banyaknya manfaat menulis

Dalam hal ini tujuannya adalah menanamkan motivasi kita untuk semakin bersemangat menulis, jika kita tahu bahwa menulis merupakan salah satu cara untuk healing maka kitapun akan mendapatkan manfaat dari healing itu. Menjadikan kita pribadi yang tenang karena emosi kita bisa mudah dikontrol dengan kemudian paham tempat untuk melampiaskan. Benar, dengan menulis. Dan masih banyak lagi manfaatnya yang akan sangat panjang sekali jika dibahas dalam sub judul ini hehe

4. Membuat target selama 30 hari kedepan

Membuat target ini untuk memaksa kita agar tetap konsisten, dari pihak nulisyuk menentukan minimal setor tulisan setiap harinya adalah 300 kata, sedangkan aku yang sudah dicekoki materi SEO dan berusaha konsisten menulis setiap hari di blog 800 kata adalah standar menurut mazhab coach Marita Ningtyas. Jadi jika sebelumnya aku merasa bebas menulis, selama 30 hari kedepan aku akan berusaha konsisten untuk menulis diatas 800 kata. Bismillah

5. Membuat Reward & Punishment

Hal ini penting juga ternyata untuk diterapkan, selama 2 bulan lalu aku memang sama sekali tidak terpikirkan untuk membuat sebuah penghargaan dan hukuman untuk diriku sendiri. Dan karena nulisyuk batch 60 ini aku mencoba untuk menantang diriku, selama 30 hari kedepan tidak membeli boba dan mengurangi makanan manis, jika nanti aku berhasil untuk menulis setiap hari selama 30 hari tanpa absen maka aku akan memberikan sedikit penghargaan dengan jajan apa saja yang diinginkan, misal satu mangkuk udon Marugame hehe.

6. Mencari teman seperjuangan

Seperti benefit yang sudah aku sebutkan diatas, teman itu memang punya pengaruh yang besar buat kita Fren, dia yang nantinya akan saling menyemangati jika semangat kita futur, saling mengingatkan untuk bersegera dalam menulis, dan saling memberikan support wah memang nikmat banget sih kalau sudah dapet teman yang seperti ini Fren. Dan percaya deh, buat cari teman yang seperti itu sangat mudah dalam dunia literasi ini.

7. NO BAPER

Udah kayak hal yang di highlight banget sampai dikasih huruf kapital semua hehe, memang baper itu jangan sampai menguasai kita. Jika ditengah jalan ada yang mengkritik tulisan kita maka bersyukur saja, ternyata ada yang menaruh perhatian sebegitu besar kepada tulisan kita. Jadikan itu semua motivasi untuk berbenah. Jangan malah merasa terpuruk dan lama untuk bangkit.

Itu tadi 3 manfaat yang aku dapat dan 7 tugas dalam mengawali kelas nulisyuk batch 60, dengan 7 hal yang sudah kita kerjakan dan kita pahami in syaa Allah akan membuat kita semakin mudah melangkah dan menentukan arah. Mau bagaimana kita selama 30 hari kedepannya, Fren.
Baca Juga