Tips Menghargai Waktu Agar Urusan Teratur

6 tips menghargai waktu dan kesempatan yang dimiliki agar urusan hidup lebih teratur

memanfaatkan kesempatan dengan baik

Kalau disuruh menghargai waktu apa yang muncul di benak kalian fren? Kalau aku sih mengurangi rebahan, mengurangi rebahan dan mengurangi rebahan. Hayo siapa ini? Aku aja deh haha. Gimana dong rebahan itu asik banget, siapa setuju? Eits, malah ngomongin rebahan padahal disini lapaknya menghargai waktu, sedangkan rebahan adalah bentuk kemaksiatan dari komitmen kita untuk menghargai waktu.


Aku sendiri merasakan betapa waktu itu sangat penting saat dalam keadaan terburu-buru akan menuju ke suatu tempat, tapi di jalan bertemu dengan lampu merah yang detiknya 100 lebih. Disitu aku sangat merasakan betapa waktu itu sangat penting, andai saja saat itu aku masih kebagian lampu hijau aku bisa saja menghemat 1 km perjalanan. Benar-benar saat itu aku langsung sadar bahwa waktu itu sangat-sangat penting meski hanya satu detik.


Dan saat itu aku memutuskan untuk menghargai waktu, dengan tidak lagi menyia-nyiakannya dan tidak lagi terjebak dalam kesia-siaan. Sampai kemudian aku menjadi sedikit bakhil dalam waktu, yang biasanya suka mengobrol sampai lupa waktu, sekarang ada perasaan bersalah jika melakukannya. Tidak hanya merasa bersalah saja tapi juga membuat hati merasa gelisah dan tidak bisa tidur dengan nyenyak sebelum kita bertaubat.

Manfaat Menghargai Waktu

Setelah aku mencoba untuk menghargai waktu beberapa hari yang lalu, manfaat yang paling aku rasakan adalah

1. Tidur lebih berkualitas

Karena waktu yang teratur akhirnya aku pun mencoba untuk disiplin menjalankannya dan waktu tidurku yang sebelumnya kacau menjadi lebih teratur, kalau aku punya smartwatch mungkin aku bisa menampilkan disini bagaimana berkualitasnya tidurku hehe, meski tidak bisa membuktikan secara data tapi aku merasa jauh lebih rileks saat bangun tidur.

2. Tenaga Tidak Terbuang Sia-Sia

Tidur yang cukup membuat tenaga kita untuk menjalankan aktivitas menjadi lebih bersemangat, jelas karena kita disiplin terhadap waktu dapat memudahkan kita untuk menjalankan tugas atau amanah kita. Fren, kadang kalau pulang kerja pengennya istirahat a.k.a rebahan sambil scroll instagram, chattingan nggak penting, yang bakal bikin waktu kita kebuang sia-sia. Ternyata yang alasan awal kita adalah istirahat itu bisa membuat kita semakin malas beranjak, karena sisa tenaga yang masih ada itu sebenarnya bisa kita manfaatkan untuk mandi agar badan segar.

3. Semua Pekerjaan Terselesaikan, Bye Deadline

Karena teratur dalam urusan kita, ucapkan selamat tinggal pada deadline. Terbiasa mengerjakan tugas di awal waktu juga bentuk kita menghargai waktu lho fren.

4. Tidak Mendzolimi Siapapun

Nggak bakalan ada yang akan terdzolomi karena kita sudah mengupayakan melaksanakan tugas tepat waktu, janji-janjimu bisa kamu penuhi. Orangpun akan semakin terbantu.

Lalu Bagaimana Cara Menghargai Waktu Itu?

Setelah tahu manfaatnya rasanya menjalani hidup jadi enteng ya? Hehe meski variabel-variabel kejadian tak terduga pasti akan datang, setidaknya tidak menambah beban kita karena tugas wajib kita sudah terselesaikan. Nah apa saja itu?

1. Pahami Kemampuan Diri

Salah satu agar kita bisa menghargai waktu adalah dengan paham kapasitas kita, jika kita paham seberapa kapasitas kita menjalankan aktivitas kita akan mudah mengatur waktunya. Bukan berarti meminimalkan ya, bisa jadi sebenarnya kita itu mampu untuk tidur hanya 2 jam selama sehari, maka maksimalkan waktumu itu. Tapi jika tidak mampu ya tinggalkan saja daripada nanti membuat kita jadi sering sakit-sakitan, bukannya menghargai waktu malah akan tumbang berhari-hari. Pahami diri sendiri, jika masih bisa mengerjakan sesuatu meski mata sudah kriyip-kriyip coba saja ambil wudhu dan lanjutkan, namun jika sudah tidak kuasa menahan, yasudah tidur. Yang tahu tubuh kita hanya kita sendiri, dan susunlah waktu dengan tepat.

2. Bangun dan Mandi Sebelum Subuh

Selain membuat kita melek, mandi sebelum subuh dapat meningkatkan mood kita dan lebih khusyuk untuk shalat subuh. Aku sudah melakukannya dan rasanya waktu menjadi panjang lalu aku bisa melakukan banyak hal sebelum berangkat bekerja.

3. Tilawah 1juz Setelah Subuh

Sebelum menjalankan aktivitas sebaiknya kita mengisi amunisi dulu, bukan hanya tubuh kita yang butuh asupan, ruh kita hati kita juga membutuhkannya. Dengan tilawah minimal 1juz setelah subuh dan saatnya memulai hari dengan semangat. Layaknya HP yang batrainya 100%

4. Membuat To do List Harian

Yang ini juga memiliki peran yang sangat penting karena dengan membuat to do list akan memudahkan kita mengatur waktu dan tidak lalai saat menjalankan salah satu aktivitas kita karena kita menggunakan acuan waktu.

5. Hormati Waktu

Salah satu hal yang menyebabkan kita sering sekali lalai adalah karena kita meremehkan waktu, maka cobalah untuk menghormatinya, semakin lama waktu yang kita buang semakin sedikit kesempatan kita memanfaatkannya.
Waktu itu seperti pedang, jika engkau tidak menggunakannya dengan baik, ia akan memotongmu -Al Mahfudzot- (Peribahasa Arab) 

6. Shalat 5 Waktu Tepat Waktu

Nggak ada bosennya aku bilang ini, mau bagaimana lagi nyatanya memang jurus jitu untuk teratur dalam urusan kita adalah shalat tepat waktu. Kalau ini saja dilakukan in syaa Allah akan semakin berkah segala urusan kita ini dan rasanya banyak hal yang bisa kita lakukan. It’s berkah right?


Meski banyak orang yang menasehati kita untuk menghargai waktu, nyatanya kalau kita tidak bertekad merubahnya sendiri hasilnya akan sama saja. Jadi, semoga setelah membaca artikel ini hati kita tergerak untuk sadar betapa waktu itu sangat penting dan wajib kita hargai ya fren, sekian. Semangat berproses, kawan hijrahku.
Baca Juga