Bahagia dan Sehat Bersama TANOS (TAntangan NaOn Sih)

merasakan bahagia dan sehat bersama lalu menjadikannya kebiasaan baru bersama sama dengan pejuang tanos

Sudah hampir dua pekan sejak tanggal 20 November 2020, tanggal dimana aku tergabung dalam grup TANOS. Di grup ini aku jadi belajar untuk merealisasikan niat yang sudah lama antri untuk ditunaikan, niat untuk berolahraga tentunya. Dulu saat aku masih SD, aku sering sekali berlari mengitari kampung yang kuran lebih jaraknya mencapai 1km, dan niat untuk kembali merutinkan kebiasaan yang dulu akhirnya bisa aku wujudkan satu pekan ini. Bukan semata-mata untuk menurunkan berat badan, namun untuk bahagia dan sehat bersama TANOS tentu saja.

Apa Itu TANOS?

berkenalan dengan tanos
(cr) renovrainbow.com

Sebelum kita membicarakan banyak hal terkait TANOS, alangkah baiknya kita berkenalan terlebih dahulu. TANOS adalah singkatan dari TAntangan NaOn Sih, lahir ditengah-tengah pandemi COVID-19. Dimana saat itu memang semua orang berbondong-bondong untuk memulai hidup sehat. Banyak yang kemudian tersadar untuk melakukan olahraga dan mengonsumsi clean food, termasuk kedua pencetus TANOS ini kak Renov dan kak Eka.

TANOS ini diadakan secara berkala disetiap bulannya, dimulai pada pekan kedua dan berdurasi 7 hari. “Kalau sudah 7 hari terus nggak ada tantangan lagi?” Eits, sabar Fren. Meski hanya 7 hari saja disetiap bulannya, teman-teman tetap boleh ikut program lanjutannya kok namanya The Challenge Continues. Meski hanya diberikan durasi selama 7 hari tapi sebenarnya itu hanya pemanasan lah ya istilahnya, jadi jangan merasa puas dulu dengan mengikuti selama 7 hari saja. Konsisten terus untuk menjalanannya, syukur-syukur kan bisa menjadi kebiasaan kita Fren.

Oya, Naon itu artinya “apa” ya. Diambil dari bahasa sunda karena memang kedua pencetus kita itu berdarah sunda Fren, bisa dilihat dari icon di TANOS ini juga menampilkan kedua perempuan yang satu menggunakan hijab dan yang satu menggunakan kacamata. Ya siapa lagi kalau bukan Kak Renov dan Kak Eka. Sana dideketin mereka Fren, minta dimasukin grup biar jadi semangat olahraga kayak aku hehe.


Tujuan TANOS
kapan tanos dibentuk
(cr) renovrainbow.com

Tujuannya adalah untuk menantang kita melakukan good habit yang berhubungan dengan Self-Love. Harapan dari TANOS sendiri adalah good habit ini tetap continue dilakukan walau program TANOS periode itu telah berakhir.

Apa saja Program Self-Love Yang Diadakan TANOS?

Dari tadi aku hanya menyampaikan olahraga olahraga saja ya? Hehe mohon maaf karena memang aku hanya mengikuti event untuk #tanoswalkingchallenge saja. Tapi sebenarnya TANOS ini punya banyak sekali challenge yang membuat kita lebih mencintai diri kita sendiri dengan tidak mendzoliminya.

1. TANOS Gratitude Journal Challenge (TGJC)

tantangan bersyukur setiap hari
(cr) renovrainbow.com

Seperti yang kita tahu gratitude challenge adalah tantangan untuk bersyukur dan menyebarkannya melalui media sosial kita, atau bahasa bekennya adalah dengan update status. Bisa juga menuliskannya di blog, buat kalian Fren yang seorang Content Creator membuat konten tentang rasa syukur adalah ide yang tidak akan ada habisnya dibahas. Karena memang hal yang kita syukuri itu begitu banyak, bukan begitu Fren?

By the way, tantangan TGJC itu lahir karena kedua kakak founder TANOS ini juga seorang blogger, jadi memang kakak kakak ini membuat challenge yang sangat dekat dengan mereka, tapi tetap bisa diaplikasikan siapa saja yang bukan Content Creator sekalipun. Nah Fren, berani tidak menantang diri sendiri untuk mendokumentasikan rasa syukur di media sosial kalian? Bukan untuk riya’ ya, beda lho bersyukur dengan pamer hoho.

2. TANOS Walking Challenge (TWC)

tantangan jalan kaki setiap hari
(cr) renovrainbow.com

Nah ini dia tantangan yang aku ikuti selama sepekan ini, TWC atau nama lainnya adalah #TimSarapanPagi. Karena memang kebanyakan teman-teman yang ikut TWC itu congkak atau melaporkan hasil olahraganya saat pagi dan tentu saja selama perjalanan mata ini selalu melirik kesana kemari, akhirnya setelah membakar 200 kalori masuklah satu gorengan yang kalorinya bisa lebih dari yang tadi di bakar.

3. TANOS Drink Water Challenge

jangan lupa minum air putih 2 liter
(cr) renovrainbow.com


Nah, selain bersyukur dan olahraga kita juga ditantang untuk rutin meminum air, dimana semua tantangan di TANOS memang bertujuan agar kita lebih menyayangi diri kita sendiri dengan mencukupi segala kebutuhannya, salah satu kebutuhan kita adalah minum. Orang mungkin masih bisa bertahan jika tidak makan selama 3 hari berturut-turut, namun untuk minum? Siapa yang masih bisa bertahan tidak minum selama seharian penuh?

Saat puasa saja hal yang paling menggoda keimanan kita adalah yang segar-segar, rasanya kalau sudah siang-siang tenggorokan kita serasa berada di padang pasir, sangat kering. Nah oleh karena itu, membiasakan minum air putih yang cukup adalah bentuk kesyukuran kita atas nikmat yang sudah Allah berikan. Ayok sini rutinkan minum air putih dengan ikuti program TDWC.

4. TANOS Reading Challenge (TRC)

tantangan untuk membaca buku
(cr) renovrainbow.com


Menyayangi diri sendiri tidak hanya melulu membicarakan masalah hak-hak tubuh saja, antara jasmani dan rohani harus seimbang. Ruhani kita juga butuh makanan Fren, dan makanan ruh itu adalah ilmu. Maka dari itu untuk menjadikan kita tawazun (seimbang) adalah dengan mengikuti reading challenge ini atau TRC. Dan cara mudah memberikan ruh kita makanan adalah dengan membaca.

Banyak sekali hal fasilitas yang bisa kita manfaatkan untuk membaca, PDF gratisan beredar dimana-mana. Tapi, teman-teman harus selektif dalam memilihnya ya karena bisa jadi dia ilegal dan tidak halal, yang menjadikan ilmu kita nanti tidak mendatangkan berkah. Alhamdulillah bulan lalu ada teman yang mengenalkanku aplikasi Gramedia Digital Premium yang jika berlangganan disana kita bisa baca ribuan buku secara cuma-cuma tanpa harus membelinya.

Biaya untuk berlangganan Gramedia Digital itu sekitar Rp 89.000, waw mahal ya? Ah tenang dulu, aku nggak akan mau juga kalau harganya segitu hehe. Ternyata satu akun itu bisa dipakai di 5 perangkat, jadilah kita cari-cari teman untuk berlangganan dan per orangnya hanya membayarkan sebesar Rp 18.000 selama satu bulan. Dah silakan kalau mau histeris hehe.

Cara Daftar TANOS?

cara daftar tanos
(cr) renovrainbow.com


Caranya gampang banget, temen-temen tinggal follow IGnya TANOS @tanos.challenge dan isi GForm yang sudah disediakan di linkthree, jangan lupa DM kalau sudah daftar ya karena kadang miminnya kelupaan ngecekin hihi, masak iya mau ngecek GForm setiap hari kan? Hohoho nah ayok cus daftarkan diri kalian Fren.

Bahagia dan Sehat Bersama TANOS

Jujur saja aku ikut TANOS ini bukan semata-mata untuk menurunkan berat badan, setelah satu pekan menjalaninya rasanya tubuhku menjadi tidak loyo dan aku merasa lebih bahagia. aku menjalankannya pun sama sekali tidak ada beban, bahagia bisa berjalan-jalan dan melihat situasi saat banyak orang yang masih sibuk didalam rumahnya.

Tentu dengan hanya mengikuti TWC ini sebenarnya aku banyak belajar dan bersyukur, bisa saja aku mengikuti gratitude challenge juga karena setiap aku berjalan pagi selalu ada bahan renungan dan semakin meningkatkan rasa syukur atas nikmat dari Allah. Mulai dari banyaknya orang yang kurang beruntung, seperti bapak tukang becak yang aku temui beberapa hari lalu hanya tidur di becaknya dengan posisi yang akan membuat leher sakit.

Oya, kalau sudah gabung jangan lupa untuk update story IG dengan foto hasil jalan-jalan, membaca atau challenge yang kalian ikuti Fren, lalu tag kedua mimin kita @renovrainbow dan @efila_ nah selain update story yang bertujuan menebarkan habit baik kepada teman-teman kita yang lain, kalau misal teman-teman belum sempat untuk membuat IGS bisa kemudian mengisikan form sendiri karena memang diberikan akses langsung oleh kakak mimin tercinta ini, dan update di form ini juga bisa dilakukan meski kita sudah membuat IGS untuk memudahkan kedua mimin yang sudah sangat baik kepada kita ini.

jalan-jalan pagi

Apa Saja Yang Didapat Saat Mengikuti TANOS?

Saat nanti kalian bisa mengikuti Challenge ini sampai 30 hari, teman-teman akan mendapatkan hadiah berupa sertifikat, tapi tenang dulu yang hanya mengikutinya selama sepekan, tetap dikasih kok terlepas dari temen-temen mau lanjut atau tidak hehe. Loh kan baik banget ya? Huhuhu

Jujur aku dibuat banyak terharu saat mengikuti TANOS ini, bagaimana dua kakak kita ini dengan semangat terus menebar kebaikan sampai kemudian menjadi komunitas dengan puluhan anggota. Aku sudah lama mendengar TANOS ini sebenarnya, tapi baru benar-benar berjodoh sepekan lalu. Sedih rasanya kenapa kok nggak gabung dari dulu.

Teman-teman yang memang ingin memulai untuk mencintai dirinya sendiri dengan menunaikan hak-hak jasmani dan rohaninya, bisa mengikuti TANOS. Aku menyadari bahwa motivasi diri sendiri sangat rendah, jadi aku butuh banyak pemicu dan pemanas. Saat melihat banyak teman yang congkak hasil jalan kakinya sampai 10km aku menjadi tertantang dan ingin mencobanya. Yah begitulah jika kita punya banyak teman untuk berjuang, bisa saling menyemangati. Jadi aku sangat bersyukur bisa sharing tentang bahagia dan sehat bersama TANOS pada kesempatan ini. Sekian.

Baca Juga