5 Hal Yang Bisa dilakukan Setelah Shalat Subuh

5 hal yang bisa dilakukan ketika pagi untuk menyambuta hari agar lebih produktif
kegiatan saat pagi

Sering kali mata memang terasa sangat berat untuk terjaga di jam-jam setelah subuh, apalagi jika ditambah dengan hawa dingin yang kadang dibawanya. waktu setelah shalat subuh menjadi sangat mendukung untuk menjahit mata. Namun, ternyata tidur setelah subuh ini dianggap makhruf Fren. Selain karena memang menghilangkan keberkahan, kebiasaan ini bisa membuat kita malas dan menguap seharian lho, untuk menghindari tidur setelah subuh kalian bisa mencoba 5 hal yang bisa dilakukan setelah shalat subuh agar tidak tidur lagi.

Sebenarnya ada banyak sekali hal yang bisa kita lakukan ketika lepas subuh, kita bisa menyelesaikan deadline yang tengat waktunya tinggal sebentar, bisa untuk mencuci baju, dan melakukan banyak hal selain tidur. Namun sering kali rasanya berat untuk memulai aktivitas dengan sisa kantuk yang belum terbayar sepenuhnya.

Yang Bisa dilakukan Setelah Shalat Subuh

Aku pribadi adalah mantan tukang tidur setelah subuh, setelah merasakan sendiri bagaimana rasanya badan yang begitu lemas, belum lagi saat bekerja jadi sering menguap. Akhirnya aku memutuskan untuk pensiun, dan ini adalah beberapa rekomendasi kegiatan untuk membuat mood membaik yang pastinya menghilangkan rasa kantuk juga.

1. Zikir

berzikir kepada Allah


Jangan terburu-buru melepas sarung atau mukenamu usai shalat subuh Fren, namun duduklah sejenak dan banyak banyak mengingat Allah atau zikrullah. Dengan mengingat Allah maka kita akan merasa terjaga karena pikiran kita yang melayang-layang menelusuri nikmat Allah yang bertebaran di muka bumi, disaat itulah kita akan banyak-banyak mengucap syukur karena banyak sekali nikmat yang telah Allah berikan kepada kita, salah satunya adalah kenikmatan shalat subuh lalu berdzikir menyebut asmanya.

2. Tilawah

Setelah berzikir usai shalat, kalian bisa juga mengkombinasikannya dengan tilawah Fren, sama-sama berzikir tapi yang ini kita ditemani dengan mushaf in syaa Allah mata akan semakin terjaga karena saat tilawah kita memang diharuskan mempergunakan 3 indra kita, mata untuk membaca, mulut untuk melantunkan ayat suci Allah serta telinga untuk mendengar. Otomatis melek deh pasti, dengan catatan harus niat ya, percuma kalau baca Quran tapi pikirannya kasur.

Selain membaca kalian juga bisa dengan menambahkan hafalan, jadi jika aktivitas ini rutin kita lakukan hafalan kitapun akan semakin bertambah disetiap harinya. Jangan pikirkan seberapa banyak, yang penting adalah menjaga untuk selalu konsisten menghafal meski 1 ayat per harinya.

3. Mandi

Mungkin kalian akan terheran-heran, sudah hawa dingin, mata terpejam setengah malah disuruh mandi. Tapi ini serius lho Fren, dengan kita mandi pagi kita akan merasa waktu menjadi lebih panjang, beberapa kali ini aku mencobanya dan aku bisa melakukan banyak hal sebelum akhirnya berangkat untuk bekerja. Jadi kalau bisa mandi sekalian sebelum shalat subuh ya Fren, agar shalat subuh kita benar-benar terbebas dari ikatan setan dan menjadi semakin berkualitas shalat kita, wallahu ‘alam.

4. Olahraga

olahraga di pagi hari


Pengusir kantuk paling ampuh adalah dengan menggerak-gerakkan tubuh kita, dan salah satu hal paling efektif untuk menggerakkan tubuh adalah dengan olahraga. Ini adalah salah satu aktivitas yang paling aku sukai, terhitung satu bulan ini aku telah melewati aktivitas pagiku dengan berjalan kaki usai shalat subuh. Dan manfaat yang aku rasakan luar biasa banyak, mulai dari pencernaan yang lancar, tubuh lebih terasa nyaman untuk beraktivitas tanpa merasakan kantuk.

5. Menyalurkan Hobi

Beberapa waktu lalu saat aku mengikuti challenge menulis, aku dibiasakan untuk menulis pada pagi hari, menurut salah satu mentorku mengatakan bahwa pagi hari adalah saat dimana otak kita masih dalam keadaan fresh, dan akan mudah sekali memunculkan ide-ide yang bermanfaat. Dan disitulah aku mulai menggeser waktu menulisku yang awalnya jam 9 malam menjadi jam 5 pagi. Jika kalian hobi menulis juga, kalian bisa menerapkan ini ya Fren, atau lakukan hobimu seperti membaca buku misalnya atau hal lainnya yang bisa meningkatkan mood mu.

Dari 5 hal itu kalian bisa memilih manakah yang kalian sukai dan kalian merasa nyaman untuk menjadikannya kebiasaan saat di pagi hari, atau kalian juga bisa untuk melakukan semua aktivitas diatas dengan durasi waktu yang menyesuaikan kondisi masing-masing ya. Seperti zikir dan tilawah itu juga seharusnya menjadi jadwal rutin ketika usai shalat subuh, barulah kemudian kita bisa melanjutkannya dengan aktivitas lainnya.

Untuk kalian yang sudah punya aktivitas pagi untuk mengalihkan tubuh kita dari kasur, diluar poin yang sudah aku tuliskan di atas tentunya. Sharing pengalaman kalian di komentar ya Fren. Semoga bisa sedikit membantu untuk produktif setelah shalat subuh agar tidak tidur lagi.
Baca Juga