Manfaat Jalan Kaki di Pagi Hari

manfaat jalan kaki di pagi hari yang bisa membuat jasmani serta rohani menjadi sehat
olahraga pagi


Sudah satu bulan lamanya aku memutuskan untuk mulai melakukan kebiasaan baru lagi, yaitu kebiasaan untuk berjalan kaki. sebenarnya hal ini sudah aku rencanakan 6 bulan yang lalu, tapi baru kemudian bisa aku realisasikan sekarang karena banyak sekali alasan yang aku buat untuk hanya tidur-tiduran saja. Tapi alhamdulillah pagi ini selepas subuh aku bisa mengajak badanku sedikit bergerak dengan berjalan ringan.
 
Pada awalnya aku memutuskan untuk memutari seperempat kampung saja, mulai dari jln KHA Dahlan lalu menuju ke jln Bhayangkara dan setelah itu mlipir ke gang-gang kecil yang ada di sekitaran jalan untuk kembali pulang. Tapi alhamdulillah aku bisa melampaui ekspektasiku terhadap diriku sendiri, entah kenapa kakiku membawaku untuk menuju 0km, pusat kota Jogja. Dan sampailah aku disana untuk membidik beberapa foto.
 
Aku memang orang Jogja, tapi untuk pergi ke 0km sekedar untuk foto-foto rasanya aneh. Atau malas saja ya? Hahah iya aku memang terlalu banyak alasan karena pada dasarnya adalah pemalas. Tapi memang kebanyakan temanku juga tidak pernah menyempatkan waktunya untuk pergi kesana dan nongkrong bersama temannya yang lain, yah bisa jadi selain karena malas memang circle pertemananku yang membuat kita tidak memilih nonkrong disana.
 
Foto yang aku bidik seadanya, dengan modal kamera udik dari HP kentang keluaran 2017 alhamdulillah bisa congkak di grup tanos, ternyata pukul 05 pagi itu matahari sudah tinggi ya, dan sudah lumayan ada beberapa kendaraan yang sliwar sliwer hehe, dan ada satu pasangan yang semoga sudah halal duduk berduaan di salah satu bangku disana. Sebuah perenungan terkadang memang tempat-tempat yang indah itu malah didominasi oleh orang-orang yang melakukan kemaksiaatan seperti pacaran, meski semoga pasangan yang aku lihat tadi adalah suami istri, bukan orang yang pacaran.
 
Selama berjalan aku sama sekali tidak berhenti, karena memang dikejar waktu untuk kepentingan yang lain jadi yasudahlah tidak usah berlama-lama di jalan, yang penting sudah mendapatkan sedikit keringat saja alhamdulillah. Kepentingan apa? Iya kepentingan untuk menulis dan submit tulisan di challenge menulis 30 hari. Yah maklum masih belum punya motivasi yang kuat untuk menjalankannya sendiri, toh sebenarnya punya banyak teman itu juga membuat semangat kita selalu terjaga bukan?
 

Manfaat Jalan Kaki di Pagi Hari

Dan ternyata ada beberapa manfaat yang aku temukan setelah kemudian berjalan-jalan pagi ini. Memang ya kalau banyak keluar itu juga bisa membuat inspirasi kita mengalir, bisa jadi di jalan menemukan peristiwa apa lalu ditulislah peristiwa itu. Sama halnya dengan apa yang aku pikirkan selama perjalanan tadi, banyak benefit yang bisa aku rasakan, seperti
 
olahraga lur

1. Badan jadi tidak malas-malasan

Berjalan kaki di pagi hari selepas subuh memang jadi salah satu alternatif yang bisa dimanfaatkan untuk tetap terjaga, awalnya mungkin aku hanya tiduran di atas kasur sambil mengerjakan deadline atau apapun yang bisa dikerjakan termasuk tidur kembali, dan itu rasanya membuat badan-badan menjadi kaku, setelah aku jalan-jalan pagi ini mataku tidak lagi merasa mengantuk, dia malah membuatku semangat untuk menulis karena jadi banyak hal yang ingin aku ceritakan. Maa syaa Allah memang ya aktivitas pagi membuat kita semakin bahagia.
 

2. Banyak bersyukur

Banyak hal yang di jumpai di jalanan membuat aku menjadi banyak-banyak bersyukur, mulai dari bagaimana indahnya pagi lalu menjumpai beberapa orang di jalanan yang mungkin sedikit kurang beruntung, alhamdulillah Allah sungguh baik dengan memberikan banyak kenikmatan untukku. Meski tidak bisa dijadikan barometer seperapa Allah ridho dengan kita karena memang dunia adalah hal yang hina di mataNya. Nikmat tuhanmu yang manakah yang engkau dustakan? Benar-benar menjadi catatan untuk diriku sendiri
 

3. Jadi Good Mood

Jalan kaki di pagi ari membantu kita untuk lebih siap dengan hari, mengawali hari dengan penuh semangat juga mempengaruhi untuk aktivitas selanjutnya. Pokoknya hati jadi merasa lebih bahagia setelah jalan kaki, sedikit bangga juga karena akhirnya bisa merealisasikan jalan kaki ini. Hal yang simple tapi benar-benar memberikan kesan baik, dan semoga aku bisa menjalankan kebiasaan baru ini lagi, bismillah semoga bisa terealisasikan. Aamiin.
 

4. Reward untuk diri sendiri

Banyak yang kemudian menggunakan aplikasi untuk menghitung langkah ini membuatku juga ingin memilikinya, tentunya jika ingin memilikinya kita harus memiliki alatnya yaitu jam atau gelang pintar. Yang itu nantinya akan membuat kita menjadi lebih semangat ketika melihat hasilnya. Jika nanti aku berhasil menantang diriku untuk bisa melakukan kebiasaan rutin ini selama sebulan rutin aku akan membelikan alat itu. 

Karena jika sudah terbentuk habbit berjalan akan membuat kita semakin meningkat keinginan untuk tetap olahraga. Dan dengan itu aku akan yakin bahwa alat yang aku beli benar-benar terlihat nyata kebermanfaatannya tidak sekedar ingin inginanku, bisa jadi kan ketika aku membelinya tapi hanya aku gunakan untuk berjalan kaki selama 3 hari saja, ya rugi. Makanya biasakan diri dulu baru setelah itu dilengkapi dengan peralatan yang mendukung.

Tapi sayangnya, selama sebulan ini aku tidak rutin melakukan jalan kaki pagi, jadi untuk membeli gelang pintar itu, nanti saja dulu ya hehe. Yah itu tadi cerita ceritaku untuk perjalanan pagiku hari ini, semoga tulisan ini menjadi pengingat agar aku selalu semangat berjalan kaki setiap harinya dan tetap menjaga kebiasaan lain yang sudah aku bangun. 

rutin olahraga



Bismillah menjadi muslim yang kuat raganya adalah dia yang dicintai oleh Allah. Sekian dari ceritaku, semoga bisa membuat kalian yang belum menemukan cara berolahraga asik dapat menerapkannya dengan jalan kaki di pagi hari.
Baca Juga