6 Perbedaan Orang Sibuk dengan Orang Produktif, Kamu Yang Mana Fren?

aktivitas segudang tapi apakah itu menjadikanmu produktif? Simak 6 perbedaan orang sibuk dengan orang produktif ini yuk dan temukan jawabanmu
Cari tahu sibuk atau produktif kamu selama ini


Kesusahan mengatur waktu adalah ciri-ciri orang yang sibuk, kali ini aku ingin membicarakan apa yang membedakan antara orang sibuk dengan orang produktif. Hal remeh yang sebenarnya bisa menjadikan bahan renungan kita Fren, apakah selama ini hanya sekedar sibuk saja tapi tidak produktif atau malah sebaliknya. Kita termasuk penganut aliran apa ini Fren?

6 Perbedaan Orang Sibuk dengan Orang Produktif

Jangan mengira selama ini ketika kita memforsir tubuh kita dengan selalu bekerja disana sini sudah menjadikan diri kita ini produktif. Jika kalian merasa bahwa aktivitas yang selama ini selalu digeluti tidak menghasilkan apapun, boleh untuk kemudian menaruh prasangka pada diri sendiri. Sudah produktifkah kita selama ini?

 Cara Memandang Prioritas

Skala prioritasmu bagaimana?


Berbeda menentukan skala prioritas ini juga bisa memiliki pengaruh besar terhadap sibuk atau produktifnya kita Fren, orang yang sibuk cenderung tidak memiliki skala prioritas karena dia menganggap semuanya penting, sedangkan orang produktif mereka akan memiliki sedikit prioritas agar lebih fokus dalam mengerjakannya.

Bakhil dan Teratur dalam Mempergunakan Waktu

Berani mengatakan tidak


Seseorang yang sibuk akan mudah sekali menyanggupi ajakan orang lain, merasa bahwa dirinya sanggup untuk menjalankan semua aktivitasnya. Berbanding terbalik dengan orang produktif, karena mereka akan mampu menilai aktivitas mana yang akan membuatnya terlena dan tidak melakukan apa yang seharusnya dilakukan.

Berpikir Sebelum Bertindak VS Bertindak Lalu Berpikir

bertindak lalu berpikir?


Saat dalam kondisi panik, biasanya orang sibuk akan langsung bertindak tanpa peduli resiko dari tindakannya itu, lalu setelah ia sadar apa yang dilakukan itu semakin memperburuk keadaan barulah dia berpikir. Sedangkan orang produktif dia dengan senang hati akan menenangkan pikirannya kemudian memikirkan solusi dari permasalahannya itu. Sehingga orang produktif terbebas dari step awal yang dilakukan oleh orang-orang sibuk.

Melatih Diri Fokus dalam Satu Pekerjaan

Fokus dalam satu hal


Setelah menentukan skala prioritas kita akan mudah untuk fokus pada satu pekerjaan sampai menyelesaikannya, barulah setelah itu mengerjakan hal lainnya. Orang sibuk karena memiliki banyak prioritas, dia akan kesusahan untuk fokus pada satu hal saja jadi kebanyakan orang sibuk itu multitasking.

Memang bukan hal yang buruk jika kita bisa melakukan banyak hal dalam satu waktu namun bisa jadi kita tidak akan maksimal dalam pengerjaannya. Sedangkan orang produktif akan menyelesaikan pekerjaannya dengan lebih cepat serta hasil yang maksimal, karena dia hanya memiliki sedikit prioritas dan fokus pada prioritasnya itu.

Peduli Hak Tubuhnya

Ingat Istirahat Saat Bekerja


Orang yang sibuk dengan banyaknya prioritas dalam hidupnya menjadikan dia akan selalu bekerja, bekerja, dan bekerja hingga melupakan waktunya untuk beristirahat. Sedangkan orang produktif akan beristirahat setelah fokus melakukan salah satu kegiatannya atau saat memastikan semua urusannya selesai.

Memperhatikan waktu istirahat juga sangat penting karena tubuh kita ini yang akan membantu kita menyelesaikan banyak urusan. Beda urursan jika kita memaksa tubuh ini terus bekerja dan jatuh sakit, bukannya menyelesaikan masalah tapi menambah masalah baru.

Cara Dalam Menentukan Tujuan

menentukan tujuan dalam hidup


Orang yang sibuk akan mengerjakan pekerjaannya hanya untuk mengugurkan kewajibannya saja, sedangkan orang produktif selalu memiliki tujuan yang jelas dari setiap aktivitas yang dilakukannya. Semakin kita ikhlas dalam menjalankan tugas maka akan semakin produktif pula kita.

Sampai disini sudahkah kita tahu dimana posisi kita? Apakah menjadi orang yang sibuk dan semakin membuat tubuh kita terforsir? Atau bermain cantik dengan menjadi si produktif? Rapi dan selalu menentramkan hati. Keduanya tentu kalian bisa menentukan ya Fren lebih baik berada pada penganut aliran apa.

Transformasi dari Orang Sibuk Menjadi Orang Produktif

Jika kalian termasuk dalam paham orang sibuk, jangan khawatir kalian bisa mengubahnya sedikit demi sedikit mulai dari hal kecil. Aku akan sedikit memberikan tips yang sudah aku terapkan sekarang ini ya Fren. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah

1. Menentukan Prioritas

Aku memang terjebak dalam situasinya orang-orang sibuk, dengan kebiasaanku yang selalu meng-iya-kan ajakan orang lain. Nah, kebiasaan buruk ini akhirnya membuatku tidak bisa lepas dari kesibukan dalam waktu yang cukup lama. Setelah itu aku akhirnya tersadar dengan membuat list amanahku atau kegiatan yang aku lakukan setiap harinya.

Dengan menuliskannya dalam kertas atau gawai kita, dapat membuat kita bisa dengan mudah menilai aktivitas mana saja yang sangat penting, penting saja, dan tidak mendesak. Nah yups, setelah dituliskan maka berilah nilai dari setiap agenda itu dengan mengelompokkan berdasarkan nilai tanggungjawab kita. Biasanya aku akan menilai dengan jabatan aku dalam masing-masing forum, bukan berdasarkan agenda yang disukai atau tidak disukai ya Fren.

2. Beranilah Menolak

Salah satu hal yang akhirnya membuat kita semakin sibuk adalah begitu mudahnya kita menerima ajakan orang lain, membuat janji sama dengan menambah to do list kita, sedangkan orang produktif itu anti sekali jika harus membuang waktunya untuk kegiatan yang bisa melalaikan dari tanggungjawabnya. Jadi kalau cuma diajak nongkrong mending lihat sikon ya Fren, kira-kira ada tanggungan yang harus segera diselesaikan atau tidak.

3. Menata Tugas-Tugas dengan Cantik

Apakah sampai saat ini kalian merasa bahwa deadline adalah motivator terbaik sepanjang masa? Jika iya maka mari kita merenung. Hal yang selalu membuat kita lalai dengan tanggungjawab adalah rentan waktu deadline yang diberikan, sering kali hati kita yang sempit ini selalu lupa dengan makna deadline yang sesungguhnya, bahwa rentan waktu yang diberikan itu bisa kita manfaatkan untuk mencicil pekerjaan kita.

Namun sering kali motivasi itu hanya datang pada 2 jam menuju deadline, dan lagi-lagi apa yang kita lakukan tidak bisa maksimal, dan belum lagi jika saat itu ada tugas lain yang juga bisa menyita perhatian kita. Nah, menjadi team penyuka tantangan itu juga melelahkan. Kita boleh saja merencanakan 2 jam menjelang deadline itu hanya didedikasikan untuk tugas itu, namun Allah yang mengatur segala urusan kita ya Fren.

Itu tadi 6 hal yang membedakan orang sibuk dan orang produktif, beserta caranya bertransformasi dari orang sibuk menjadi orang yang produktif. Semoga hal ini bisa menjadi bahan renungan kita, untuk lebih baik lagi dalam mengatur waktu. Selamat berakhir pekan Fren.
Baca Juga