akirachma.com Catatan Seorang Gadis Musim Gugur

Asal usul nama akirachma dan apa yang bisa dijumpai di akirachma.com
daun momiji
Terlahir dengan nama yang terlewat indah membuat namaku banyak dimiliki jutaan manusia lainnya di bumi ini. Tentu saja menyandang nama yang banyak peminatnya tidak selamanya menyenangkan. Aku cukup kesulitan jika mencari username dengan namaku sendiri di media sosial, dan rasanya cukup panjang juga perjalananku untuk menemukan username dan nama domain yang menurutku pas, sampai akhirnya aku memilih Akirachma untuk disematkan pada akun media sosial dan juga domainku.
 

Asal Usul Akirachma

Akirachma ini sebenarnya berangkat dari masa remajaku yang penuh kekhilafan, aku pernah menyukai salah satu personel band Jepang yang bernama Akira, nah jadi Akirachma ini sebenarnya adalah gabungan nama dari Akira dan Rachma, yah memang halu kwokwok

Tapi karena aku sudah bertaubat Fren, dan aku tidak mau jika nama mas Akira adalah alasan kenapa aku menggunakan nama ini. Tidak usah searching dengan keyword "personel band Jepang Akira" karena pasti tidak akan muncul mas Akira yang aku maksud hehe.
 
Ternyata Allah berikan jalan, akhirnya aku bisa membelokkan fakta dari sejarah nama Akirachma yang penuh kelabilan menjadi sedikit lebih normal. Dalam bahasa Jepang arti Aki adalah musim gugur dan musim gugur di Jepang biasanya berlangsung pada bulan September sampai November. Pas sekali, karena aku di lahirkan pada bulan November jadi tidak ada salahnya kan mengklaim bahwa aku adalah gadis musim gugur? Beugh, indie banget.
 

Awal Mula Terjun ke Dunia Blog

Awalnya Akirachma ini hanya aku gunakan untuk username saja, lalu pada tahun 2018 aku mulai membuat blog, saat itu masih akirachma.blogspot.com. Alasanku membuat blog ini seperti alasan orang pada umumnya, aku punya banyak daftar tulisan yang tersimpan rapi dalam bentuk file document. Rasanya jika aku hanya menulis disana aku tidak akan pernah berkembang. Karena tidak mendapatkan feedback dari siapapun.
 
Qoddarullah September lalu aku sempat mengikuti challenge menulis One Day One Post (ODOP) selama 77 hari. Disana aku menggunakan blog untuk mengerjakan tugas, dari ODOP itulah rezeki mulai berdatangan. Kenalnya aku dengan coach Marita hingga aku mengikuti kelas beliau di Blogspedia Coaching Batch 1, banyak sekali ilmu yang aku dapatkan disana.
 
Sebagai orang yang belajar sendiri dan mengandalkan tutorial di google, ternyata cukup banyak ilmu yang aku lewatkan selama ini. Mengikuti blogspedia membuatku semakin sadar bahwa pentingnya peran guru atau bimbingan orang yang sudah ahli dalam mengawal proses belajar kita. Karena mereka bisa melihat apa yang tidak bisa kita lihat, uwaw udah kayak cenayang aja hehe.
 

Alasan memilih Domain akirachma.com

Karena sudah terjun dengan bebas di dunia blog, aku ingin sekalian basah saja. Muali dari ODOP aku merasa tertantang untuk menggunakan Top Level Domain (TLD) karena banyak temanku yang sudah menggunakannya. Awalnya karena belum percaya kepada diri sendiri apakah akan konsisten menulis atau tidak, membeli domain dot com menjadi pertimbangan yang cukup sulit.
 
Sampai akhirnya aku memutuskan untuk mencoba menggunakan domain dot my dot id, dengan harga yang murah aku rasa tidak akan menyesal jika di tengah perjalanan aku tidak konsisten menulis lagi. Tapi, domain itu hanya bertahan selama 1 bulan saja ternyata, setelah itu aku tidak kuasa untuk menggantinya dengan domain populer yaitu, dot com. Memang labil.
 
Karena sudah jadi bucinnya dot com sejak lama, aku bahkan sering menuliskan “akirachma.com” di kertas, di papan tulis, di cermin dan juga di gawai pribadiku. Dan akhirnya aku dapat meminangnya pada bulan Oktober lalu. Masih menggunakan akirachma karena memang aku menggunakannya sebagai nama pena ku, dan banyak yang kemudian memanggilku Aky. Iya pakai huruf Y supaya ada bedanya dengan Aki yang sering kalian jumpai di jalanan ya Fren (ganti Aki).
 

Memilih Bertahan dan Terus Berproses

Dan disinilah aku sekarang, menjadi peserta Kelas Growth Blogger 2. Saat awal membuat blog, aku sama sekali tidak ada rencana untuk melangkah ke jenjang profesional. Namun, seiring berjalannya waktu semakin besar keinginanku untuk bisa menulis dengan lebih baik lagi dan sedikit membantu orang lain, dengan ilmu yang lebih dulu aku terima atau mengingatkan orang lain dengan ilmu yang pernah mereka terima.
 
Karena aku termasuk orang yang banyak terbantu dengan artikel-artikel bergizi di google, rasanya aku juga ingin menjadi salah satu bagian darinya. Memilih jalan memerangi berita hoax dengan tulisanku, meski masih sekelas kecebong. Dan juga bentuk kontribusiku untuk mengenalkan orang-orang yang masih asing dengan agamanya sendiri.
 
Terhitung 5 hari sejak tanggal 11 Januari lalu, Kelas Growth Blogger 2 telah dimulai. Baru 5 hari saja rasanya banyak sekali hal yang bisa aku dapatkan, tidak hanya ilmu tentang teknik blogging namun juga banyaknya nilai-nilai kehidupan yang bisa aku ambil. Meski ini adalah kelas blogging, tapi setiap apa yang dikatakan para coach sangat memberikan tamparan dan menyadarkan hati kita yang sempit ini.
 
Setelah materi tentang Teknik Menulis dan Editing Blogpost semalam aku mendapatkan materi Storytelling yang disampaikan oleh Coach Bambang Irwanto. Beliau adalah master dongeng yang karyanya sudah dinikmati sejak ibu saya remaja lho Fren, keren banget kan sampai belajar dengan master segala. Duh, aku mulai bucin sama KGB.
 

Apa Isi dari akirachma.com?

Mendapatkan materi storytelling membuatku semakin bersemangat untuk lebih mendalami cara bercerita yang baik, karena dasarnya aku memang suka sekali bercerita makanya isi blogku juga kebanyakan curhat sampai aku memberikan judul Self Reminder & Take Care of Your Heart, dari judul itu aku mencoba untuk menceritakan pengalaman-pengalaman yang bisa kita ambil ibrahnya untuk sarana autokritik.
 
Sebelum mengingatkan orang lain, alangkah baiknya kita sendiri sudah berhasil berdamai dengan kekurangan kita. Karena cukup sulit mengingatkan diri sendiri yang masih tinggi egonya. Merasa diri paling benar akan menutupi hati kita dari kebenaran yang sesungguhnya. Dan itulah penyakit hati, maka dari itu aku ingin blogku menjadi tempat kita sama-sama mengevaluasi diri, dan juga sama-sama belajar untuk menata hati. Ciyee hati.
 

Yang di Harapkan dari akirachma.com

Aku menyadari memang susah rasanya menyebutkan Akirachma, sampai ada yang memanggilku Akrima atau Akiracha. Mohon maaf ya, tapi aku sudah bucin dengan nama itu, semoga saja ini ini bukan salah satu tindakan alay yang akan aku sesali ketika tua nanti.
 
Seperti arti dari Aky yang berarti musim gugur, aku ingin dikenal sebagai orang yang menyejukkan hati dengan tulisannya. Karena musim gugur sendiri memiliki hawa yang sejuk, tidak panas dan tidak terlalu dingin akan membuat siapa saja betah dan nyaman. Tapi maaf saja ya, kalau sampai saat ini masih belum bisa menyediakan tulisan semacam itu. Karena aku sendiri masih harus banyak belajar dan membaca.
 
Semoga akirachma.com ini mampu menjadi saksi kebaikan dan juga teman untuk mengevaluasi diri. Akan tetapi, untuk mencapai itu aku butuh banyak sekali feedback dari kalian semua Fren, mari sayat-sayat saja tulisanku agar aku bisa lebih baik lagi dalam menulis, dan menghadirkan kata yang nyaman untuk dibaca.
Baca Juga