Abdullah dan Abdurrahman Kedua Nama yang Dicintai Allah

2 nama yang paling dicintai oleh Allah adalah Abdullah dan Abdurrahman

Nama Abdurrahman


Dari Abu Ahmad al-Jusyami, dia berkata Rasulullah SAW bersabda. "Berilah nama dengan nama para nabi. Nama yang paling disukai Allah adalah Abdullah dan Abdurrahman. Nama yang paling benar adalah Harits dan Hammam dan nama yang paling buruk adalah Barb dan Murrah."

Saat aku masih belajar di ma’had, aku dengan temanku sempat membicarakan ketika nanti sudah saatnya memiliki anak, maka nama yang akan kita berikan adalah dengan Muhammad Abdurrahman dan satu nama belakang untuk menjadikan pembeda antara anaknya dan anakku.

Alasannya sudah cukup jelas, karena Abdurrahman adalah nama yang paling disukai Allah. dan ada beberapa hadist yang menyebut nama Abdurrahman itu secara langsung, seperti hadist diatas.

Nama Abdurrahman Menurut Jumhur Ulama

Menurut jumhur ulama nama Abdullah dan Abdurrahman inilah yang paling disukai oleh Allah, meski ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa nama yang disukai Allah adalah nama para Nabi.

Arti Nama Abdurrahman

Abdurrahman sendiri berasal dari Bahasa Arab yang artinya Hamba Allah yang Maha Penyayang. Dengan nama ini tentunya disertai banyak harapan agar pemilik nama Abdurrahman ini kelak menjadi manusia yang penyayang, seorang laki-laki yang penyayang dan memiliki hati yang lembut.

Jadi pilihan nama Abdurrahman ini bisa juga dipadukan dengan nama lainnya, seperti yang dikatakan jika sebagian pendapat mengatakan bahwa nama para Nabi merupakan nama yang dicintai Allah. Tidak perlu mendebat mana yang paling benar, gabungkan saja keduanya seperti nama yang nantinya akan aku berikan kepada anakku, Muhammad Abdurrahman.

Selain dengan nama pada Nabi, kita juga bisa menambahkan nama dari berbagai bahasa, tentunya dengan arti yang baik. Agar nanti anak-anak kita selalu mendapatkan do’a dalam setiap namanya. Seperti SabaBa Abdurrahman. SABABA sendiri melambangkan pesona dan karisma.

Kesimpulan

Memberikan nama itu mudah-mudah susah, boleh saja kita memberikan nama anak dengan nama idola kita, akan tetapi lebih baik jika kita memberikan nama anak dengan nama yang disukai oleh Allah. Daripada memberikannya nama yang kita sendiri tidak tahu arti dari nama itu.

Baca Juga