Wayang Golek Menak Menuju Senjakala


wayang golek menak


Kota Yogyakarta merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang punya segudang budaya. Meski title dari Jogja sendiri adalah Kota Pelajar, namun tidak menampik fakta bahwa di kota yang punya makanan khas Gudeg ini elemen kebudayaannya bisa kita jumpai di setiap sudut, salah satunya adalah Wayang Golek Menak.

Wayang Golek Menak yang Mulai Pudar

Pewayangan memang sudah menjadi identitas Jawa yang kental, Wayang yang menjadi khas dari Kota Jogja ini adalah Wayang Golek Menak. Nama Menak itu sendiri disematkan karena menggunakan Serat Menak sebagai sumber cerita.
Serat Menak merupakan transformasi dari sastra Melayu Hikayat Amir Hamzah. Tradisi sastra Jawa lama mengenal tiga wiracarita, yaitu kisah kepahlawanan yang bersuasana Hindu, epos yang berasal dan tumbuh berkembang di negeri sendiri, dan kisah kepahlawanan yang bernuansa Islam.
Cr. https://www.perpusnas.go.id/

Wayang Golek Menak Terbuat Dari

Bahan dasar pembuatan Wayang Golek Menak ini adalah kayu, dengan terdiri dari bagian kepala, tangan dan badan. Kakinya sendiri tidak nampak karena tertutup kain jarik bermotif batik yang menjadi bawahan dari pakaian yang digunakan. Sedangkan atasannya menggunakan baju adat.

Pertunjukan Diiringi Oleh Gamelan

Untuk menciptakan suasana yang syahdu, Wayang Golek Menak ini diiringi oleh gamelan yang menggunakan instrumen Rojeh sebagai ciri khasnya. Alat musik Rojeh itulah yang akan menambahkan kesan dramatis dengan efek suara yang menyesuaikan dengan adegan yang diperankan.

Wayang Golek Menak Sudah Jarang Ditampilkan

Kurangnya pengetahuan tentang Wayang Golek Menak ini membuat banyak masyarakat belum tersentuh kesenian wayang ini. Sehingga sayang sekali pertunjukan ini sudah jarang ditemukan karena kurang diminati. Padahal tidak kalah bagus juga dibanding Wayang yang lain.

Bersama IndiHome Bangkitkan Kearifan Lokal yang Mulai Hilang

IndiHome

IndiHome yang kependekan dari Indonesia Digital Home merupakan produk perusahaan PT. Telkom Indonesia Tbk. Menyediakan berbagai layanan seperti Internet, layanan data serta komunikasi yang sudah tersebar diseluruh penjuru Indonesia.

Kelebihan IndiHome

Semenjak pandemi datang, banyak sekali rumah-rumah yang kemudian memutuskan untuk memasang koneksi WIFI di rumahnya. Selain dirasa lebih hemat karena bisa digunakan oleh semua anggota rumah, WIFI juga memiliki akses internet yang cepat. Dan tidak sedikit yang kemudian memutuskan untuk memasang IndiHome dirumah mereka.

Cakupan Wilayah yang Luas

Salah satu kelebihan dari IndiHome yang menjadi solusi koneksi internet lelet ini adalah sudah tersebarnya di banyak wilayah. Jadi bagi kalian Fren, yang sekarang ingin memasang WIFI pun akan mudah dan cepat prosesnya, tentu saja karena banyak orang disekitar kita yang sudah menggunakannya terlebih dahulu.

Layanan provider ini bahkan sudah mampu memberikan sinyal kuat meski di daerah pelosok sekalipun. Terbukti bahwa IndiHome sangat luas dan menjadi internetnya Indonesia yang bisa diandalkan.

Tagihan Bulanan yang Terjangkau

IndiHome memiliki banyak paket yang bisa kita sesuaikan berdasarkan kebutuhan dan budget yang kita miliki. Selain harganya yang terjangkau, IndiHome juga

Tanpa Batasan Kuota

Saat menggunakan IndiHome kalian tidak perlu khawatir akan kehabisan kuota disaat genting Fren. Karena tidak ada batasan berapa ratus gigabyte dalam setiap bulannya.

Kelebihan IndiHome dan Berkembangnya Budaya Indonesia

Tentu saja dengan banyaknya kelebihan IndiHome yang membuat siapa saja dimudahkan untuk mengakses internet. Masyarakat Indonesia bisa memanfaatkan kecepatan sinyalnya untuk membuka situs-situs budaya yang sudah banyak dimuat website pemerintah atau dokumentasi para blogger.

Tingkatkan Nilai-nilai Budaya pada Generasi Milenial

Salah satu solusi untuk menjaga budaya Indonesia tetap lestari turun-temurun adalah dengan cara mengajak anak muda untuk kembali memviralkannya. Tentu saja hal ini akan sangat efektif apabila seluruh stakeholder, mulai dari pemerintah, pengusaha, BUMN, pemilik media, dan content creator turut mengkampanyekan program pemeliharaan kearifan lokal ini.

IndiHome sebagai produk internet rumah memberikan akses informasi ke rumah-rumah yang berada di seluruh Indonesia. Kesempatan memperkenalkan dan mengedukasi tentang apa itu Wayang Golek Menak kepada masyarakat Indonesia tidak akan lagi sulit. Dan membuat kembali panggung kesenian Wayang Golek Menak dengan banyak penonton tidak menjadi mustahil.
Baca Juga