About Me

Aky Rachma


Assalamu'alaykum

It's me Akyrach, panggil aku Aky atau apapun yang mengandung do'a yang baik.
Aku memiliki keterbatasan berkomunikasi secara langsung jika membicarakan sesuatu secara mendalam, dan memiliki imajinasi liar serta kehaluan diluar batas wajar.
Menulis adalah caraku untuk tetap normal, selain menyalurkan segala keluhan hati atau kehaluan tingkat dewa, di blog ini juga terdapat nasehat-nasehat yang aku tujukan untuk diriku sendiri tapi bisa dibaca juga ya semoga bisa saling menasehati.
Terimakasih sudah berkunjung, semoga tulisan Aky bisa memberikan sedikit manfaat ^^

Cerita Dibalik Blog Impianku

Sudah sejak lama aku memimpikan menjadi seorang blogger profesional yang menumpahkan segala pengorbanannya untuk membagikan informasi-informasi bermanfaat, karena sering kali aku selalu mendapatkan pertolongan dari google saat merasa gundah. Dengan mengetikkan kegundahan pada kolom search, alhamdulillah beberapa kegundahan bisa teratasi karena konten-konten yang bermanfaat bertebaran. Aku ingin berkontribusi didalamnya, menjadikan apa yang aku tulis adalah sebuah jawaban atas permasalahan orang lain. Memudahkan orang lain, maka Allah akan memudahkan urusan kita. Betul begitu bukan?

A. NICHE BLOG

Sejak awal mungkin tujuanku adalah berbagi hal yang bermanfaat, mengingatkan diri sendiri dengan perkara akhirat. Dan kebanyakan tulisanku memang mengarah untuk auto kritik. Yah memang itu yang bisa aku bagikan dengan banyak-banyak bercermin kekurangan apa yang bisa aku perbaiki. Jadi nicheku adalah tentang proses perbaikan diri dengan menata hati, apa ya spesifiknya? Hehe.

B. JUDUL BLOG

Akhirnya niat itu aku seriusi pada tahun 2018 lalu, aku membuat blog dengan judul Self Reminder karena awalnya aku hanya ingin curhat, membagikan pengalaman yang pernah aku lakukan, ilmu yang pernah aku pelajari, dan menceritakan cerita orang lain dan mengambil ibrahnya. Judul Self Reminder memang pas sekali, karena sebelum aku membagikan tulisan, aku sendiri menjadi tersadar bahwa apa yang aku tulis ini adalah bentuk komitmen untuk meningkatkan kualitas diri, mengasah kepekaan pada kekurangan diri, dan menyibukan diri untuk fokus pada proses perbaikan. Karena membuat perubahan besar hanya akan terjadi saat kita sudah beres dengan diri sendiri. Jadi mulai aja dulu #loh

C. TAGLINE BLOG

It’s All About Finding The Calm In The Chaos. Itu adalah tagline blog yang sudah aku gunakan beberapa bulan yang lalu. Karena menasehati diri sendiri itu gampang-gampang susah, belum lagi jika tiba-tiba muncul argumen pembenaran yang membuat kita sendiri merasa benar. Menempatkan diri dalam sisi yang salah memang melukai ego, dan memilih untuk berdamai dengannya bisa memberikan ketenangan. Menjadikan diri kita pihak yang salah akan membuat kita lebih peka dengan solusi dan membelajarkan hati untuk selalu bersabar bonusnya adalah proses pendewasaan diri.
Mencari ketenangan dengan berdamai pada diri sendiri lalu menumpahkannya dalam bentuk tulisan.

D. META DESKRIPSI

Aky's blog menulis untuk self reminder dan zona autokritik, sahabat dalam proses perbaikan diri
Aku yang masih berproses ini ingin mencari teman sebanyak-banyaknya menemukan jalan kebaikan yang nantinya akan membuat kita semua semangat memperbaiki diri, membenarkan apa yang salah. Dalam proses terkadang ada beberapa hal yang harus diluruskan misal niat, dengan niat yang tidak benar akan membuat kita salah memilih jalan, pada akhirnya bukan jalan keberkahan yang kita jumpai tapi jurang api neraka. Oleh karena itu menjadikan hati bersih terlebih dahulu bisa meminimalisir niat yang melenceng, dan tafkiyatun nafs adalah solusinya. Begitulah, mari berproses bersamaku karena srigala menyukai domba yang sendirian.

E. LOGO

logo aky

  • Aky pengganti Novita dalam bahasa Jepang, menggunakan huruf Y agar terlihat lebih Indonesia.
  • Daun Maple atau Daun Momiji adalah icon untuk musim gugur, yang arti dari Aki sendiri.
  • Warna Hijau Mint bucinnya warna tosca, dan saudara-saudaranya


F. HEADER

header blog akirachma

Header yang simple menggunakan tulisan ini sudah sangat nyaman untuk aku pandang, rasanya dengan memasang judul blog yang besar semua orang akan sadar bahwa isi blog ini adalah tentang pengingat diri, membaca berarti siap untuk mendapatkan tamparan. Dan beberapa teman yang berkunjung tidak sedikit yang mengatakan “benar-benar self reminder” see? Header ini bekerja dengan kompak bersama konten hehe.

G. LABEL

Fungsi label baru-baru ini aku akhirnya paham, sebelumnya setiap membuat tulisan aku selalu menyertakan label yang banyak sekali. Karena salah mengira bahwa itu adalah kata kunci untuk artikel yang dibuat, nyatanya bukan. Mulai aku berusaha mengelompokkan tulisan-tulisanku dalam katagori yang sudah dan menghapus label yang tidak benar-benar label (yang disangka keyword itu).

Mengatur label sudah aku niatkan sejak lama, tapi rasanya malas sekali karena harus dipikirkan matang-matang, sampai akhirnya dibantu dengan tugas untuk bisa tergerak. Dan dalam renunganku akhirnya aku telah memutuskan untuk menggunakan label 4 yaitu

Aky’s Corner

Yang akan berisi curhatan/healing, apaun yang ingin aku tuliskan akan aku masukkan kesini, jadi disini lebih gado-gado, mengingatkan diri dari setiap aspek. Dan biasanya curhatanku juga sebuah renungan hidupku hehe.

Muslimah Style

Disini mungkin akan aku tambahkan beberapa sub seperti makanan halal, skincare halal dan lainnya, intinya di label ini menjelaskan tentang seorang muslim yang harus memegang teguh pada setiap produk yang dikonsumsinya terdapat label halal.

Be Better with Me

Adalah lapak ilmu-ilmu yang ingin aku bagikan setelah mendapatkan dari para ahlinya.

H. PORTOFOLIO


kelas menulis

-Mengikuti kelas menulis Nulisyuk Batch 35 Bertema Muslimah 


buku antologi
-Membuat buku antologi berjudul Belajar Menutup Aurat


kelas menulis blog

-Mengikuti kelas menulis Nulisyuk Batch 38 dengan tema Blog